Penulis Utama : Zul Qisthi Anky
NIM / NIP : M0409072
×

ABSTRAK

Mikroalga S. dimorphus adalah salah satu species yang memiliki kadar lipid tertinggi dan telah dikaji potensinya untuk dikonversi menjadi biodiesel. Dibutuhkan biomassa yang besar untuk menghasilkan biodiesel. Untuk memperoleh biomassa yang besar, perlu dilakukan kultivasi. Kultivasi mikroalga memerlukan  media  yang  memiliki  kandungan  makronutrien  dan  mikronutrien yang cukup. Kotoran ayam adalah salah satu media yang dapat dijadikan alternatif untuk kultur mikroalga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kultur kotoran ayam broiler terhadap pertumbuhan serta produksi lipid mikroalga S. dimorphus dan untuk mengetahui konsentrasi kotoran ayam broiler yang paling baik untuk pertumbuhan serta produksi lipid mikroalga S. dimorphus.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan variasi konsentrasi media kotoran ayam sebesar 4%, 8%, dan 12%. Variabel bebas yaitu variasi konsentrasi media kotoran ayam. Variabel terikat yang diamati meliputi pertumbuhan sel S. dimorphus dan kandungan lipid pada akhir  kultur.  Penelitian  ini  menggunakan  Media  Basal  Bold  (MBB)  sabagai kontrol positif. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah pertumbuhan dan produksi lipid total S. dimorphus. Kemudian, data hasil pertumbuhan dan hasil analisis lipid tiap sampel dianalisis dengan menggunakan Anova (Analysis fo Varians) dan dilanjutkan dengan DMRT pada taraf signifikan 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan S. dimorphus optimum dihasilkan  oleh  media  kotoran  ayam  dengan  konsentrasi  8%,  yaitu  sebesar
35,02x106   sel.ml-1   dan  produksi  lipid  optimum  terdapat  pada  media  dengan konsentrasi 12%, yaitu sebesar 0,086 gr/L dengan presentase 49?ri biomassa.

Kata Kunci: PERTUMBUHAN; S DIMORPHUS; MEDIA KOTORAN AYAM; LIPID;

×
Penulis Utama : Zul Qisthi Anky
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0409072
Tahun : 2016
Judul : Pertumbuhan dan Produksi Lipid Mikroalga Scenedesmus dimorphus (Turpin) Kützing pada Media Kultur Alternatif Kotoran Ayam Broiler
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2016
Program Studi : S-1 Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas MIPA-Prodi S1 Biologi-M0409072-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edwi Mahajoeno, M.Si.
2. Siti Lusi Arum Sari, M.Biotech.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.