Penulis Utama : Ariffandy Dwi Citra
NIM / NIP : S981308002
×

Latar Belakang : Nyeri pada saat penyuntikan jarum epidural menjadi kekurangan terhadap aplikasi tindakan epidural. Berkembangnya ilmu pengetahuan dibidang anestesia, khususnya penanganan nyeri, dikembangkan konsep penanganan nyeri yang dilakukan sebelum nyeri muncul.

Tujuan : Mengetahui perbedaan efektifitas pemberian EMLA 5 % dibanding dengan Ethil klorida Spray untuk mengurangi nyeri pada suntikan jarum epidural dengan skor VAS (Visual Analoge Scale).

Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dengan pendekatan uji klinis dengan teknik single blind. Terdapat  30 subjek penelitian menjalani tindakan epidural di RSUD Dr. Moewardi Surakarta dengan status fisik ASA I dan II berumur antara 20-65 tahun. Sampel meliputi 10 subyek dengan pemberian EMLA  5 %, 10 subyek Ethil Klorida Spray dan 10 subyek Lidokain 2%. Setelah dilakukan randomisasi dilakukan pengukuran intensitas nyeri dengan skor VAS  pada kedalaman jarum epidural 0,5-1cm dan 1-4 cm.

Hasil : Pemberian EMLA 5 % memberikan hasil yang lebih baik terhadap nilai VAS (Visual Analoge Scale) saat penyuntikan jarum epidural dibandingkan Ethil klorida spray, perbedaan tingkat nyeri ditunjukkan pada kedalaman jarum epidural 0,5-1 cm p=0,006 (p<0 p=0,000>

Kesimpulan : Pemberian EMLA 5 % memberikan hasil yang lebih baik terhadap nilai VAS (Visual Analoge Scale) saat penyuntikan jarum epidural dibandingkan dengan Ethil Klorida Spray, dimana perbedaan tingkat nyeri ditunjukkan pada kedalaman jarum 0,5-1cm dan 1-4 cm dengan nilai p<0>Kata Kunci : Epidural, EMLA 5 %, Ethil Klorida Spray,  Nyeri (VAS) ,.

×
Penulis Utama : Ariffandy Dwi Citra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981308002
Tahun : 2017
Judul : Efektifitas Pemberian Emla 5 % Dibandingkan dengan Etil Klorida Spray Untuk Mengurangi Nyeri pada Suntikan Jarum Epidural
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Heri Dwi Purnomo, Sp. An, M. Kes, KMN
2. Dr. Fitri Hapsari Dewi, Sp. An, M. Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.