Penulis Utama : Ivan Sangadji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S96070800
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kadar Vitamin D Terhadap Geriatric Depression Scale Pada Pasien Sarkopenia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Dokter Spesialis I Penyakit Dalam-2018
Subyek : VITAMIN D
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Telah dibuktikan bahwa Geriatric cenderung terjadi defisiensi vitamin D dan  kadar vitamin D yang rendah  terkait dengan sarkopenia. Selain itu Vitamin yang rendah juga terkait dengan resiko Depresi. Peran Vitamin D terhadap  depresi dengan dengan mengaktifkan sejumlah proses yang sangat penting untuk menjaga kesehatan normal neuron. Vitamin D memasuki nukleus kemudian berhubungan RXR dan kemudian VDRE. VDR mempertahankan homeostasis Ca2, mengendalikan pembentukan  triptofan dan serotonin,  mengurangi inflamasi. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh kadar vitamin D terhadap Geriatric Depression Scale(GDS) pada pasien Sarcopenia.
Tujuan Penelitian
Penelitian bertujuan membuktikan, membuktikan pengaruh kadar vitamin D terhadap Geriatric Depression Scale(GDS) pada pasien Sarcopenia.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan metode pengambilan sampel dengan simple random sampling, 30 pasien Sarkopenia di poliklinik Geriatri terbagi 2 yaitu kelompok kemungkinan depresi(GDS?5) dan kelompok Normal (GD<5>Hasil Penelitian
Antara variabel Vitamin D dengan GDS didapatkan berkorelasi secara negatif signifikan dengan nilai korelasi sebesar r = -0,540 dengan nilai probabilitas sebesar 0,002. Walaupun untuk masing-masing kelompok hubungan antara variabel Vitamin D dengan GDS menunjukkan hasil adanya hubungan yang tidak signifikan pada derajat signifikansi 5 persen (p > 0,05). Pada kelompok kemungkinan Depresi nilai korelasi yang didapatkan adalah r = -0,140 dengan probabilitas sebesar 0,606 (p > 0,05) dan pada kelompok normal nilai korelasi yang didapatkan adalah r = -0,349 dengan probabilitas sebesar 0,222 (p > 0,05). Uji beda kadar Vitamin D pada kedua kelompok tersebut dapat menggunakan uji t untuk sampel independent. Nilai rata-rata Vitamin D pada kelompok kemungkinan Depresi adalah sebesar 12,35 dengan standar deviasi sebesar 5,19, sementara pada kelompok Normal memiliki rata-rata Vitamin D sebesar 16,22 dengan standar deviasi sebesar 3,25. Dengan nilai t= -2,407 dengan nilai P: 0,023(p > 0,05). Hasil pengujian beda 2 mean variabel kadar Vitamin D kelompok Kemungkinan Depresi dan kelompok Normal menunjukkan hasil pengujian yang signifikan.
Kesimpulan
Pada Geriatri dengan Sarkopenia apabila kadar Vitamin D yang rendah maka  Geriatric Depression Scale akan meningkat atau sebaliknya
Kata kunci : Geriatri, Sarcopenia, Vitamin D, Geriatric Depression Scale(GDS)

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
BAB VII.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Fatichati Budiningsih, SpPD-KGer,FINASIM
2. Prof. Dr. HM. Bambang Purwanto, dr., SpPD, KGH, FINASIM
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana