Penulis Utama : Ivan Sangadji
NIM / NIP : S960708006
×

Telah dibuktikan bahwa Geriatric cenderung terjadi defisiensi vitamin D dan  kadar vitamin D yang rendah  terkait dengan sarkopenia. Selain itu Vitamin yang rendah juga terkait dengan resiko Depresi. Peran Vitamin D terhadap  depresi dengan dengan mengaktifkan sejumlah proses yang sangat penting untuk menjaga kesehatan normal neuron. Vitamin D memasuki nukleus kemudian berhubungan RXR dan kemudian VDRE. VDR mempertahankan homeostasis Ca2, mengendalikan pembentukan  triptofan dan serotonin,  mengurangi inflamasi. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh kadar vitamin D terhadap Geriatric Depression Scale(GDS) pada pasien Sarcopenia.
Tujuan Penelitian
Penelitian bertujuan membuktikan, membuktikan pengaruh kadar vitamin D terhadap Geriatric Depression Scale(GDS) pada pasien Sarcopenia.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan metode pengambilan sampel dengan simple random sampling, 30 pasien Sarkopenia di poliklinik Geriatri terbagi 2 yaitu kelompok kemungkinan depresi(GDS?5) dan kelompok Normal (GD<5>Hasil Penelitian
Antara variabel Vitamin D dengan GDS didapatkan berkorelasi secara negatif signifikan dengan nilai korelasi sebesar r = -0,540 dengan nilai probabilitas sebesar 0,002. Walaupun untuk masing-masing kelompok hubungan antara variabel Vitamin D dengan GDS menunjukkan hasil adanya hubungan yang tidak signifikan pada derajat signifikansi 5 persen (p > 0,05). Pada kelompok kemungkinan Depresi nilai korelasi yang didapatkan adalah r = -0,140 dengan probabilitas sebesar 0,606 (p > 0,05) dan pada kelompok normal nilai korelasi yang didapatkan adalah r = -0,349 dengan probabilitas sebesar 0,222 (p > 0,05). Uji beda kadar Vitamin D pada kedua kelompok tersebut dapat menggunakan uji t untuk sampel independent. Nilai rata-rata Vitamin D pada kelompok kemungkinan Depresi adalah sebesar 12,35 dengan standar deviasi sebesar 5,19, sementara pada kelompok Normal memiliki rata-rata Vitamin D sebesar 16,22 dengan standar deviasi sebesar 3,25. Dengan nilai t= -2,407 dengan nilai P: 0,023(p > 0,05). Hasil pengujian beda 2 mean variabel kadar Vitamin D kelompok Kemungkinan Depresi dan kelompok Normal menunjukkan hasil pengujian yang signifikan.
Kesimpulan
Pada Geriatri dengan Sarkopenia apabila kadar Vitamin D yang rendah maka  Geriatric Depression Scale akan meningkat atau sebaliknya
Kata kunci : Geriatri, Sarcopenia, Vitamin D, Geriatric Depression Scale(GDS)

×
Penulis Utama : Ivan Sangadji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S960708006
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Kadar Vitamin D Terhadap Geriatric Depression Scale Pada Pasien Sarkopenia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Dokter Spesialis I Penyakit Dalam-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Fatichati Budiningsih, SpPD-KGer,FINASIM
2. Prof. Dr. HM. Bambang Purwanto, dr., SpPD, KGH, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.