Penulis Utama : Ibnu Rohmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115024
Tahun : 2019
Judul : Buku Pawukon Bayi Lair (Suatu Kajian Filologis Dan Kajian Isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ilmu Budaya-Program Studi Sastra Daerah-B0115024-2019
Subyek : FILOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair yang bersih dari kesalahan?. 2) Bagaimana isi pawukon yang terkandung di dalam teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair?
Penelitian ini bertujuan 1) Menyajikan suntingan teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair yang bersih dari kesalahan 2) Menyajikan isi pawukon yang terkandung di dalam teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah Buku Pawukon Bayi Lair (S.97) yang tersimpan di perpustakaan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta. Data dalam penelitian ini adalah teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair.
Teknik pengumpulan data dengan cara membaca katalog naskah yang tersimpan di perpustakaan, museum ataupun digital library kemudian menulis nomor naskah dan judul naskah, serta bentuk/versi naskah agar lebih mempermudah dalam penelitian. Langkah selanjutnya digitalisasi naskah dengan memotret naskah menggunakan kamera. Foto naskah yang sudah diperoleh kemudian disimpan dalam laptop untuk ditransliterasi sehingga diperoleh data.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan melakukan kritik teks untuk mengembalikan teks mendekati aslinya. Selanjutnya dilakukan penyuntingan dengan metode penyuntingan naskah tunggal yakni metode penyuntingan standar. Analisis isi dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis interaktif untuk menjabarkan isi pawukon dalam teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) Buku Pawukon Bayi Lair merupakan naskah tunggal. Terdapat beberapa varian yaitu 2 ketidakajegan penulisan, 2 adisi huruf, 7 hiperkorek, 3 korup huruf,  3 korup suku kata, 2 korup kata, 7 lakuna huruf, 3 lakuna suku kata yang telah dilakukan pembenaran dengan kritik teks, sehingga menghasilkan suntingan teks naskah Buku Pawukon Bayi Lair yang bersih dari kesalahan dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, 2) Penelitian ini mengungkap isi pawukon dalam naskah Buku Pawukon Bayi Lair serta mengetahui ramalan-ramalan yang berhubungan dengan kelahiran bayi.


Kata kunci : Filologi, naskah Buku Pawukon Bayi Lair, Pawukon

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat Pernyataan.pdf
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutarjo, M.Hum.,
2. Drs. Supardjo, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya