Penulis Utama : Dyah Ayu Savitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115019
Tahun : 2019
Judul : Sêrat Sastra Darwa Suntingan Teks Dan Kajian Tentang Penciptaan Alam Semesta (Suatu Kajian Filologis)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Ilmu Budaya-Program Studi Sastra Daerah-B0115019-2019
Subyek : PENCIPTAAN ALAM SEMESTA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana bentuk teks Sêrat Sastra Darwa yang dipandang benar, bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi? 2) Bagaimana proses penciptaan alam semesta dalam Sêrat Sastra Darwa?
Penelitian ini bertujuan 1) Menyajikan suntingan teks Sêrat Sastra Darwa yang dipandang benar dan bersih dari kesalahan menurut cara kerja filologi 2) Menjelaskan proses penciptaan alam semesta dalam Sêrat Sastra Darwa.
Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research (penelitian pustaka). Sumber data yang dikaji dalam penelitian ini adalah Sêrat Sastra Darwa koleksi pribadi Dyah Ayu Savitri, tersimpan di desa Jenggrik Tengklik RT 02/ 02, Nglegok, Ngargoyoso, Karanganyar. Ditemukan 2 judul naskah yang sama bernomor katalog A96 dan J17 tersimpan di Perpustakaan Reksa Pustaka Pura Mangkunegaran, keduanya tidak menjadi sumber data dikarenakan tidak memiliki kelengkapan isi teks yang lengkap. Teks Sêrat Sastra Darwa berisi tentang terciptanya alam semesta, manusia, perintah sholat dan manfaatnya untuk kesehatan, bagian-bagian bumi, proses terjadinya hujan, jamu untuk mengobati sakit manusia, dan kematian manusia. Teknik pengumpulan data melalui tahap inventarisasi dan teknik reproduksi, yaitu teknik fotografi digital dan transliterasi.
Teknik analisis data penelitian ini ada dua komponen yaitu 1) Sajian data secara filologi dengan melakukan kritik teks untuk membersihkan teks dari kesalahan penulisan dan penyuntingan teks menggunakan metode standar (penanganan terhadap naskah tunggal). 2) Sajian analisis isi dilakukan dengan menjabarkan penciptaan alam semesta yang terkandung di dalam teks Sêrat Sastra Darwa.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan 1) Didapatkan aparat kritik tercatat sebanyak 63 varian, meliputi 13 lakuna huruf, 6 lakuna suku kata, 4 adisi huruf, 2 adisi suku kata, 28 hiperkorek, 8 ketidakkonsistenan, dan 2 ditografi. Setelah itu dilakukan suntingan dan diberikan aparat kritik sehingga menghasilkan suntingan teks yang bersih dari kesalahan, serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.. 2) Penciptaan alam semesta dimulai dari proses penciptaan air, proses penciptaan tanah dan proses penciptaan manusia. Sebagai tambahan, di dalam penelitian ini dibahas pula mengenai manfaat sholat 5 waktu untuk kesehatan tubuh. Sholat subuh bermanfaat untuk melemaskan otot agar tubuh sehat jauh dari sakit, sholat dzuhur dan sholat ashar untuk mengurangi amèring jiwa, sholat maghrib untuk merapatkan berkumpulnya kekuatan jiwa karena akan dibuat istirahat tidur, serta sholat isya untuk membuat kualitas tidur menjadi lebih nyènyak.
Kata kunci : Sêrat Sastra Darwa, Penciptaan Alam Semesta, Manfaat Sholat

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Surat Persetujuan.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Tri Winarni, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya