Penulis Utama : Berlyana Anggita Rahmawati
NIM / NIP : K3315011
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya (1) pengaruh model pembelajaran IL dan POGIL terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga, (2) pengaruh  kreativitas ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga (3) interaksi antara model IL dan POGIL dengan kreativitas ilmiah terhadap prestasi belajar siswa pada materi larutan penyangga.
    Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain faktorial 2×2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan observasi. Uji hipotesis menggunakan statistik non parametrik Kruskal-wallis.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada pengaruh model IL dan POGIL terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan dan keterampilan, namun ada pengaruh terhadap aspek sikap, (2) ada pengaruh kreativitas ilmiah tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, namun tidak ada pengaruh terhadap aspek sikap dan keterampilan, (3) ada interaksi model IL dan POGIL dengan kreativitas ilmiah terhadap prestasi belajar siswa aspek pengetahuan, namun tidak ada interaksi terhadap aspek sikap dan keterampilan.

Kata kunci: inquiry lesson, POGIL,  kreativitas ilmiah, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Berlyana Anggita Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3315011
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Model Inquiry Lesson (Il) dan Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Kreativitas Ilmiah pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI MIPA SMAN Kebakkramat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Pendidikan Kimia-K3315011-2020
Kata Kunci : inquiry lesson, POGIL, kreativitas ilmiah, prestasi belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.,
2. Dr. Elfi Susanti VH, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.