Penulis Utama : Pangestika Sumadianing Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702024
Tahun : 2019
Judul : Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas VII SMP Negeri 2 Pacitan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Matematika-S851702024-2019
Subyek : LITERASI MATEMATIKA, LEVEL LITERASI MATEMATIKA, GAYA KOGNITIF, BANGUN DATAR
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 2 Pacitan; 2) mengetahui faktor yang memengaruhi kemampuan literasi matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 2 Pacitan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas 8 siswa dari kelas VII F SMP Negeri 2 Pacitan. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dilanjutkan dengan snowball sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif reflektif-impulsif menggunakan Matching Familiar Figure Test (MFFT). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode perekaman, observasi, tes, dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menurut Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan literasi matematika yang dicapai siswa reflektif yaitu kemampuan literasi matematika level 4 dari 6 level kemampuan literasi matematika. Siswa reflektif dengan kemampuan literasi matematika level 4 dapat bekerja untuk situasi yang konkret tetapi kompleks, dapat menggunakan keterampilan dan mengemukakan alasan dengan baik, serta dapat memberikan penjelasan dan mengomunikasikan pendapat.Kemampuan literasi matematika yang dicapai siswa impulsif yaitu kemampuan literasi matematika level 3 dari 6 level kemampuan literasi matematika. Siswa impulsif dengan level 3 dapat melaksanakan prosedur yang memerlukan keputusan berurutan, dapat memilih dan menerapkan strategi pemecahan masalah sederhana, dapat menginterpretasikan dan menggunakan representasi, serta mengomunikasikan hasil interpretasi secara singkat. Terdapat siswa impulsif yang mencapai level 4. Namun siswa yang mencapai level 4 kurang teliti dalam menuliskan jawabannya; 2)faktor yang memengaruhi kemampuan literasi matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII SMP Negeri 2 Pacitan, yaitu gaya kognitif, siswa belum terbiasa menjumpai masalah yang memuat literasi matematika, dan kurangnya muatan literasi matematika dalam penyampaian materi di kelas oleh guru.

Kata Kunci : literasi matematika, level literasi matematika, gaya kognitif, bangun datar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Triyanto, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana