Penulis Utama : Leny Retno Indriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115093
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Keliling dan Luas Bangun Datar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Sempor Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115093-2019
Subyek : CONCRETE REPRESENTATIONAL ABSTRACT , MATEMATIKA, KELILING LUAS BANGUN DATAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA), (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang keliling dan luas bangun datar melalui pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA), (3) menganalisis kendala dan solusi penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA)
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Sempor tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 21 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) untuk meningkatkan  pembelajaran  matematika tentang keliling dan luas bangun datar dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) concrete,  (b) representational, (c) abstract; (2) penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) dapat meningkatkan pembelajaran  matematika tentang keiling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sempor Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I 72,91%, siklus II 82,40%, dan  siklus III 90,73%. Hasil observasi siswa pada siklus I adalah 70,60%, siklus II 80,78?n siklus III 91,50%. Hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I 71,88, siklus II 84,50%, dan siklus III 88,65%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) guru belum runtut dalam menjelaskan kembali tentang keliling dan luas secara semikonkret, (b) siswa masih malu untuk bertanya tentang materi pelajaran; adapun solusi yang diberikan peneliti adalah (a) guru memperhatikan kembali langkah-langkah pembelajaran dan mengulangi penjelasan tentang keliling dan luas bangun datar secara semikonkrret, (b) merangsang siswa untuk bertanya.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan Concrete Representational Abstract (CRA) dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Sempor tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Concrete Representational Abstract (CRA), matematika, keliling dan luas bangun datar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Moh. Salimi, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP