Penulis Utama : Anita Setyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014035
Tahun : 2018
Judul : Kajian Derden Verzet Atas Eksekusi Hak Tanggungan (Studi Putusan Nomor: 266/Pdt.Plw/2014/PN.Mlg.)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0014035-2018
Subyek : DERDEN VERZET, EKSEKUSI HAK TANGGUNGAN, PERTIMBANGAN HAKIM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian pertimbangan hakim dalam mengabulkan derden verzet atas eksekusi hak tanggungan dalam Putusan Nomor: 266/Pdt.Plw/2014/PN.Mlg. dengan Pasal 378 Rv (Reglement op de Rechtsvordering) dan akibat hukum dari dikabulkannya derden verzet terhadap para pihak.
    Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Bahan hukum yang digunakan meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum melalui studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah teknik analisis bahan hukum dengan metode kualitatif melalui pola berpikir deduktif.
    Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa pertimbangan hakim dalam mengabulkan derden verzet atas eksekusi hak tanggungan dalam Putusan Nomor: 266/Pdt.Plw/2014/PN.Mlg. adalah tidak tepat karena tidak sesuai dengan Pasal 378 Rv (Reglement op de Rechtsvordering) dan akibat hukum yang timbul yaitu Pelawan akan tetap menguasai objek sengketa. Menurut Penulis hal tersebut tidak serta merta terjadi karena hak atas tanah belum beralih dengan dibuatnya Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB), Terlawan I tidak mendapatkan pemenuhan atas prestasi yang diberikannya kepada Terlawan II melalui fasilitas kredit, ia juga tidak mendapat perlindungan hukum yang diatur dalam Pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan, Terlawan II berkewajiban untuk melunasi hutangnya kepada Terlawan I dan objek sengketa kembali menjadi objek jaminan, Terlawan III berkewajiban untuk membatalkan lelang dan hal tersebut telah dilakukannya dengan mengeluarkan Surat Pernyataan Pembatalan Lelang tanggal 23 Desember 2014.

Kata Kunci : Derden Verzet, Eksekusi Hak Tanggungan, Pertimbangan Hakim

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Harjono, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum