Penulis Utama : Dwi Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115051
Tahun : 2019
Judul : Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Ips Tema Cita-Citaku Melalui Model Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Kalirejo Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Studi PGSD-K7115051-2019
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku, (2) meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, serta (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dan solusi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 25 siswa kelas IV SDN 3 Kalirejo tahun ajaran 2018/2019. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan keterampilan berpikir kritis, serta data kuantitatif yaitu hasil tes. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku diterapkan dengan langkah-langkah: (a) pemilihan topik, (b) pembelajaran kelompok, (c) pelaksanaan investigasi, (d) pengolahan dan penyajian data, (e) presentasi, dan (f) evaluasi; (2) model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku yang dibuktikan dengan peningkatan hasil observasi yang didukung hasil tes pada setiap siklus, yaitu keterampilan berpikir kritis dengan kriteria baik dan sangat baik diperoleh persentase sebesar 87,5% pada siklus I, 88% pada siklus II, dan 88% pada siklus III dengan didukung hasil tes dengan persentase tuntas 87,5?ngan nilai rata-rata 73,17 pada siklus I, 88?ngan nilai rata-rata 75,06 pada siklus II, dan 88?ngan nilai rata-rata 80,70 pada siklus III serta didukung hasil wawancara; serta (3) kendala yang terjadi antara lain: (a) kesulitan dalam mengidentifikasi topik dan (b) kekurangan waktu. Adapun solusinya yaitu: (a) memberikan stimulus yang lebih jelas dan (b) mempersingkat waktu investigasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS Tema Cita-citaku pada siswa kelas IV SDN 3 Kalirejo tahun ajaran 2018/2019.  

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, IPS, berpikir kritis.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN AWAL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.,
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP