Penulis Utama : Eni Kusniati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115057
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Problem Based Learing Untuk Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Studi PGSD-K7115057-2019
Subyek : NILAI KARAKTER DISIPLIN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan nilai karakter disiplin peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning pada peserta didik kelas kelas III SD Negeri Mangkubumen Kulon 83 Surakarta tahun ajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning dalam meningkatkan nilai karakter disiplin peserta didik kelas III SD Negeri Mangkubumen Kulon 83 Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdapat tiga pertemuan. Subjek penelitian ini guru dan peserta didik kelas III SD Negeri Mangkubumen Kulon 83 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 17 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji validitas data menggunakan validitas konstrak, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaasan model Problem Based Learning dengan langkah-langkah mengorientasikan pada masalah; mengorganisasi untuk belajar; membantu penyelidikan; mempresentasikan pekerjaan; serta analisis dan evaluasi pada siklus I mampu dilaksanakan beberapa peserta didik dengan disiplin kategori membudaya. Pada siklus II, semakin banyak peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan langkah-langkah model Problem Based Learning dengan disiplin kategori membudaya. Data pada pratindakan terdapat 2 peserta didik atau 11,76% yang memiliki nilai karakter disiplin dengan kategori membudaya, setelah pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh hasil peserta didik dengan nilai karakter disiplin kategori membudaya menjadi 7 peserta didik atau 41,18%. Pada siklus II diperoleh hasil nilai karakter disiplin peserta didik dengan kategori membudaya meningkat mencapai 15 peserta didik atau 88,24%.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan langkah-langkah mengorientasikan pada masalah; mengorganisasi untuk belajar; membantu penyelidikan; mempresentasikan pekerjaan; serta analisis dan evaluasi dapat meningkatkan nilai karakter disiplin peserta didik kelas III SD Negeri Mangkubumrn Kulon 83 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: Nilai Karakter Disiplin, model Problem Based Learning

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
Bab I-V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M. Pd,
2. Dr. Chumdari, M.Pd,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP