Penulis Utama : Fransiska Natasha Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015091
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Kecemasan Ibu Primigravida dan Multigravida dengan Preeklampsia Berat
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Program Studi Ilmu Kedokteran -G0015091-2019
Subyek : KECEMASAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang : Kehamilan menjadi suatu pengalaman berharga dalam hidup wanita. Dalam masa kehamilannya, sering kali didapatkan komplikasi dalam kehamilan. Preeklampsia merupakan salah satu komplikasi dalam kehamilan yang sering terjadi terutama pada primigravida. Komplikasi dalam kehamilan dapat menimbulkan gangguan psikologi, salah satunya kecemasan yang seringkali terabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecemasan pada primigravida dan multigravida dengan preeklampsia berat.
Metode : Penelitian ini bersifat observasional analitik cross sectional. Subyek penelitian adalah ibu primigravida dan multigravida yang sedang di rawat inap atau kunjungan ante natal care di RSUD Ngipang Surakarta sejumlah 30 ibu hamil. Teknik pengumpulan data menggunakan skala Hamilton Anxiety Rating Scale. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji T tidak berpasangan.
Hasil : Hasil analisis data didapatkan perbedaan kecemasan tidak signifikan pada primigravida dan multigravida dengan preeklampsia berat (P = 0,371) dan rerata kecemasan lebih tinggi pada primigravida (M = 11,73±SD = 6,670) dibanding multigravida (M = 9,80±SD = 4,843).
Simpulan : Terdapat perbedaan kecemasan tidak signifikan pada ibu primigravida dan multigravida dengan preeklampsia berat, primigravida lebih cemas.

Kata Kunci : Kecemasan,, Preeklampsia Berat, Primigravida, Multigravida

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
Bab I-VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetrisno, dr., Sp.OG(K)
2. Dian Nugroho, dr., M.Med.Ed
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran