Penulis Utama : Hani Oktavia Kurnianingsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115070
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Prestasi Belajar Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas IV SDN Sekecamatan Kebumen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Studi PGSD-K7115070-2019
Subyek : TIPE KEPRIBADIAN INTROVERT, EXTROVERT,
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tipe kepribadian yang memberikan pengaruh lebih baik terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian komparasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen yang sudah menggunakan Kurikulum 2013 pada tahun 2017/2018 yang berjumlah 1345 siswa dari 47 sekolah dasar. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas IV di sebelas SDN se-Kecamatan Kebumen yang dipilih secara acak dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling dengan bantuan aplikasi Statistical Product and Serice Solution (SPSS) versi 21. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk data tipe kepribadian siswa dan teknik dokumentasi untuk data prestasi belajar siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample t test dengan taraf signifikansi 0,05 (5 %).
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berkepribadian introvert dan prestasi belajar siswa yang berkepribadian extrovert (nilai Sig. 0,000 < ? (0,05) dan besar t hitung (4,638) > t tabel (1,9674)) serta tipe kepribadian introvert memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun 2017/2018 (rata-rata prestasi belajar siswa introvert yaitu 81,60 dan rata-rata prestasi belajar siswa extrovert yaitu 78,91).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang berkepribadian introvert dan prestasi belajar siswa yang berkepribadian extrovert serta tipe kepribadian introvert memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen tahun 2017/2018.

Kata Kunci: tipe kepribadian introvert, extrovert, prestasi belajar

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman awal.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Joharman, M.Pd.
2. Dr. Suhartono, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran