Penulis Utama : Jilla Welinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115085
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dengan Multimedia Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda dan Jepang di Kelas V SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.KIP-Program Studi PGSD-K7115085-2019
Subyek : SNOWBALL THROWING
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model snowball throwing dengan multimedia, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang melalui model snowball throwing dengan multimedia, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model snowball throwing dengan multimedia dalam meningkatkan pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 23 siswa. Data yang digunakan berupa data kualitatif yaitu penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan multimedia dan data kuantitatif yaitu pada tes hasil belajar dalam mata pelajaran IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data kuantitatif dan kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model snowball throwing dengan multimedia untuk meningkatkan  pembelajaran  IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) penyampaian materi dari guru dengan multimedia; (b) pembentukan kelompok dan penyampaian materi kepada ketua kelompok; (c) penyampaikan materi dari ketua kelompok kepada anggotanya; (d) pemberian tugas dengan menggunakan lembar kerja siswa untuk menuliskan pertanyaan; (e) pembentukan kertas seperti bola dan dilemparkan ke kelompok lain; (f) mendapat bola dan menjawab pertanyaan secara bergantian; (g) evaluasi dan penutup; (2) penerapan model snowball throwing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran  IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari Tahun Ajaran 2018/2019 dibuktikan dengan hasil observasi guru pada siklus I 62,94%, siklus II 78,56%, dan  siklus III 92,25%. Persentase rata-rata hasil observasi siswa pada siklus I adalah 60,11%, siklus II 75,44?n siklus III 89,43%. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I 63,04, siklus II 76,09%, dan siklus III 89,43%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) masih sedikit siswa yang berani bertanya dan guru kurang merangsang siswa untuk bertanya; (b) siswa kurang aktif dalam memberi tanggapan hasil diskusi dikarenakan beberapa siswa menganggap sudah bisa; adapun solusi yang diberikan peneliti adalah (a) guru merangsang siswa untuk bertanya dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa terkait dengan materi pembelajaran; (b) Memberi reward pada siswa yang memberi tanggapan supaya lebih termotivasi.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model snowball throwing dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: snowball throwing, multimedia, peningkatan pembelajaran, IPS

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
Bab I-IV.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.,
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP