Penulis Utama : Kurnia Meylatika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214026
Tahun : 2019
Judul : Pembelajaran Seni Lukis Media Krayon Di Kelas Lukis Krayon Tingkat Basic Ohayo Drawing School Solo Periode Agustus – September Tahun 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Program Studi Seni rupa, 2019
Subyek : SENI LUKIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kurnia Meylatika. K3214026. PEMBELAJARAN SENI LUKIS MEDIA KRAYON DI KELAS LUKIS KRAYON TINGKAT BASIC OHAYO DRAWING SCHOOL SOLO PERIODE AGUSTUS – SEPTEMBER TAHUN 2018. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Proses pembelajaran melukis krayon pada peserta didik program Kelas Lukis Krayon Tingkat Basic di Ohayo Drawing School Solo periode Agustus – September tahun 2018 ditinjau dari tujuan materi, metode, model, media, dan evaluasi pembelajaran, (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran di Kelas Lukis Krayon Tingkat Basic Ohayo Drawing School Solo periode Agustus – September tahun 2018, (3) Visualisasi hasil karya lukis krayon kelas lukis krayon tingkat basic Ohayo Drawing School Solo periode Agustus – September tahun 2018.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Bapak Sukirno selaku guru lukis krayon dan peserta didik yaitu Jillian Cheverly Saputro. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data dan reviu informan. Analisis data dengan model alir yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses pembelajaran lukis krayon tingkat basic terdiri atas lima komponen pembelajaran. Tujuan dari pembelajaran adalah peserta didik mampu menambah objek sesuai dengan instruksi, mampu mewarnai gambar dengan empat tingkat gradasi warna, mampu menerapkan kerapihan dan kebersihan dalam karya. Materi yang disampaikan yaitu pengenalan alat dan bahan, cara menggambar objek, dan cara mewarnai menggunakan krayon. Metode yang digunakan adalah latihan (drill), demonstrasi, dan eksperimen. Media pembelajaran berupa contoh karya, modul pembelajaran, dan contoh langsung dari guru. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan ujian kenaikan tingkat yang dilakukan setelah modul pembelajaran basic telah habis. (2) Faktor pedukung proses pembelajaran berasal dari internal peserta didik adalah dalam keadaan sehat tidak sedang sakit. Faktor eksternal seperti guru yang berkompeten, fasilitas lengkap seperti meja, kursi, alat – alat melukis, rak buku masih dalam keadaan yang layak pakai dan lengkap, serta lingkungan yang nyaman. Sedangkan faktor penghambat proses pembelajaran berasal dari eksternal peserta didik adalah terbatasnya ruang belajar sehingga harus berbagi dengan kelas minat menggambar manga. (3) Hasil karya lukis krayon tingkat basic sudah cukup baik, dapat dilihat dari kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan tugas dengan baik, cukup rapi, bervariasi berdasarkan aspek ide, warna, dan bentuk.

Kata kunci : Pembelajaran lukis krayon, Ohayo Drawing School Sol

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd.,
2. Lili Hartono, S. Sn. M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP