Penulis Utama : Anis Suci Nurafni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1516015
Tahun : 2019
Judul : Sistem Informasi pada Sea Freight Export Tipe Nomination di PT. Freight Liner Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1516015-2019
Subyek : SEA FREIGHT EXPORT, FREIGHT FORWARDING, NOMINATION
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penulisan tugas akhir yang diamati penulis ini bertujuan untuk mendiskripsikan sistem informasi pada sea freight export tipe nomination di PT. Freight Liner Indonesia. Kegiatan ekspor merupakan kegiatan penting dalam lingkup Perdagangan Internastional. Pengalaman menunjukan sekitar 80% tranksaksi perdagangan ekspor-impor dilakukan melalui korespondensi, sedangkan 20% sisanya dilakukan dengan negoisasi tatap muka, yang akhirnya juga dikonfirmasikan dalam bentuk tertulis. Hasil korespondensi ini menciptakan dokumen berharga dalam Perdagangan International seperti booking confirmation, delivery order, bill of loading dan dokumen lainnya. PT Freight Liner Indonesia merupakan perusahaan freight forwarding yang menghubungkan antara shipper dan consignee dalam pemuatan barang baik melalui udara maupun laut yang akan berhubungan dengan shipping line.
Penulisan tugas akhir ini menggunakan metode pengamatan deskriptif kualitatif dengan observasi berperan aktif untuk mendapatkan data-data yang mendukung dan menggambarkan fakta-fakta yang ada. Sumber data yang diperoleh dalam pengamatan ini berasal dari narasumber dan dokumen perusahaan. Teknik pengumpulan data yakni dengan wawancara, observasi langsung dan studi kepustakaan.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa sistem informasi pada kegiatan sea freight export memiliki 2 tipe pelayanan, yaitu freehand dan nomination. Pada pengamatan ini penulis fokus melakukan pengamatan pada tipe nomination. Tipe nomination pada kegiatan sea freight expor merupakan kegiatan pelayanan export yang bermula dari customer service.
Sistem Informasi yang diterapkan oleh PT Freight Liner Indonesia telah melibatkan berbagai sumber daya yang diperlukan dengan baik. Pemenuhan jaringan seperti internet, jaringan LAN selalu di siapkan dengan baik. Bahkan guna pemeliharaan jaringan PT Freight Express Indonesia group untuk kantor wilayah surabaya sudah mendirikan anak perusahaan yang fokus dalam penciptaan dan perbaikan sistem. Aktivitas sistem informasi dijalankan seluruhnya dengan cukup terkontrol. Kendali kinerja sistem selalu mendapat perhatian penuh oleh coordinator export. Pengamatan dari coordinator export  selanjutnya dijadikan sebagai upaya research and development dalam kegiatan sea freight export.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP