Penulis Utama : Herlina Kusuma Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015109
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Kecerdasan Spiritual pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Berdasarkan Waktu Pelatihan Emotional Spiritual Quotient
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G00151090-2019
Subyek : PELATIHAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ), KECERDASAN SPIRITUAL, MAHASISWA KEDOKTERAN, SISRI-24
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Seseorang yang memiliki kecerdasan spiritual yang lebih tinggi memiliki toleransi yang lebih tinggi dalam menghadapi tekanan kehidupan. Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) bagi mahasiswa baru setiap tahun sebagai upaya mengembangkan kecerdasan spiritual mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan spiritual pada mahasiswa Kedokteran UNS berdasarkan waktu pelatihan ESQ.
Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel ditentukan melalui total sampling terhadap mahasiswa Kedokteran UNS. Sebanyak 159 mahasiswa memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner data diri dan Spiritual Intelligence Self-Report Inventory (SISRI-24). Analisis data menggunakan uji Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan post-hoc Mann-Whitney.
Hasil: Uji analisis Kruskal-Wallis menunjukkan nilai p = 0,996 artinya tidak ada perbedaan kecerdasan spiritual yang signifikan berdasarkan waktu pelatihan ESQ pada mahasiswa Kedokteran UNS. Meskipun tidak signifikan secara statistik, diketahui rerata kecerdasan spiritual peserta yang waktu pelaksanaan pelatihan ESQ-nya paling dekat dengan waktu penelitian, yaitu mahasiswa yang mengikuti pelatihan ESQ 1 tahun lalu memiliki rerata tertinggi daripada subjek yang lain (rerata ± s.b. = 65,96±13,630).
Simpulan: Tidak ada perbedaan kecerdasan spiritual yang signifikan pada mahasiswa Kedokteran UNS berdasarkan waktu pelatihan ESQ.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rohmaningtyas H. S., dr., Sp.KJ., M. Kes.
2. R. Prihandjojo Andri Putranto, dr., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP