Penulis Utama : Qoniatunnisa Nuzulul Falahi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013191
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Status Gizi dengan Kejadian Anemia Defisiensi Besi pada Balita di Bangsal Anak RSUD Dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0013191-2016
Subyek : STATUS GIZI, ADB, BALITA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang : Kekurangan zat gizi pada anak terutama yang termasuk dalam kelompok usia balita berisiko terhadap Anemia Defisiensi Besi (ADB). Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan kejadian ADB pada balita agar tidak terjadi manifestasi klinis yang lebih berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara status gizi dengan kejadian ADB pada balita di bangsal anak RSUD Dr. Moewardi Surakarta.
Metode Penelitian : Penelitian observasional analitik ini dilakukan pada 38 balita di bangsal anak pada periode Januari-Oktober 2016 dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik purposive sampling. Data primer diambil melalui kontak telepon dengan orang tua pasien dan data sekunder diambil dari Laboratorium Patologi Klinik dan Instalasi Rekam Medis. Variabel bebas adalah status gizi, variabel terikat adalah kejadian ADB, variabel perancu adalah riwayat ASI Eksklusif dan Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR). Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan chi-square dan regresi logistik dan diolah menggunakan SPSS Statistics 21 for Windows.
Hasil Penelitian :  Status Gizi (BB/TB) dikontrol riwayat ASI Eksklusif dan BBLR dapat meningkatkan risiko ADB pada balita walaupun hasil tidak signifikan (p = 0,76 ; OR = 0,75 ; CI 95% = 0,116-4,784).
Simpulan Penelitian : Tidak terdapat hubungan antara status gizi (BB/TB) yang dikontrol riwayat ASI Eksklusif dan BBLR dengan kejadian ADB pada balita di bangsal anak RSUD Dr. Moewardi Surakarta

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Riza, dr., Sp.A, M.Kes
2. Husnia Auliyatul Umma, dr., Sp.A, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran