Penulis Utama : Muhammad Ircham Wildan Sholihan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312040
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing di Kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Biologi-K4312040-2016
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING, KETERAMPILAN PROSES SAINS, PEMBELAJARAN BIOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X MIA salah satu SMA Negeri di Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016. Data penelitian diperoleh melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Validisi data dengan menggunakan teknik triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Peningkatan keterampilan proses sains ditunjukkan dengan meningkatnya capaian rata-rata persentase aspek keterampilan proses sains siswa dari 42,41% pada prasiklus, meningkat sebanyak 27,54% menjadi 69,95% pada siklus I, meningkat lagi sebanyak 19,34% menjadi 89,29% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri di kelas X MIA SMA Negeri di Karanganyar.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.
2. Joko Ariyanto, S.Si, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP