Penulis Utama : Wimasaritwa Danar Prahyangan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015425
Tahun : 2019
Judul : Kajian atas Putusan Peradilan In Absentia dalam Tindak Pidana Desersi (Studi Putusan Nomor 24–K/PM II–11/AD/IV/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0015425-2019
Subyek : IN ABSENTI, PERTIMBANGAN HAKIM, TINDAK PIDANA DESERSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiamna pertimbangan Hakim Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta dalam menjatuhi hukuman terhadap Terdakwa tindak pidana desersi dalam waktu damai serta bagaimana pertimbangan hakim dalam menerapkan persidangan secara in absentia pada kasus tindak pidana desersi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan sumber bahan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Pengumpula bahan hukum studi pustaka, menggunakan pendekatan kasus dan analisis bahan hukum dengan metode silogisme dan interpretasi dengan pola berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persidangan tindak pidana desersi yang diputus oleh Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta secara in absentia  dengan Nomor putusan 24-K/PM II-11/AD/IV/2018 atas nama Terdakwa Sumardi berpangkat Serda NRP. 638139 yang dalam putusannya Terdakwa dijatuhi hukuman pidana pokok berupa penjara 1 (satu) tahun dan pidana tambahan berupa pemecatan dari dinas militer telah sesuai dengan Pasal 87 KUHPM terkait tindak pidana desersi dan  Pasal 141 ayat (10) Jo Pasal 143 Undang-Undang Nomor 31
Tahun 1997 tentang Peradilan Militer terkait persidangan in absentia. Kesesuaian itu dibuktikan dengan adanya 2 (dua) alat bukti berupa keterangan Saksi Wasido berpangkat Pelda NRP. 579823, Saksi Waluyo berpangkat Pelda NRP. 613362 dan Saksi Tri Kasmiyati pekerjaan Ibu rumah tangga yang merupakan Istri sah dari Terdakwa sedangkan alat bukti kedua berupa 18 (delapan belas) lembar absensi atas nama Sumardi berpangkat Serda NRP. 638139 dari bulan Oktober sampai Nopember, serta tidak hadirnya Terdakwa di persindangan meskipun sudah dilakukan pemanggilan secara sah sebanyak 3 (tiga)

Kata Kunci: In Absenti; Pertimbangan Hakim; Tindak Pidana Desersi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Edy Herdyanto S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum