Penulis Utama : Eka Galuh Handayani
NIM / NIP : K6412023
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya pegaruh kesadaran politik terhadap partisipasi politik dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2015 pada masyarakat desa Kepoh, kecamatan Sambi, kabupaten Boyolali.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat desa Kepoh, kecamatan Sambi, kabupaten Boyolali yang terdaftar sebagai pemilih tetap yang berjumlah 1.912 orang. Sampel yang terpilih sebanyak 191 orang dengan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket untuk kedua data yaitu data kesadaran politik dan data partisipasi politik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi satu prediktor.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kesadaran politik (X) dan partisipasi politik dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2015 (Y). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data diperoleh nilai rxy = 0,372 dengan N = 191 dan taraf signifikansi 5% serta rtabel = 0,138. Sehingga rhitung (0,372)  ? rtabel (0,138). Besarnya pengaruh kesadaran politik terhadap partisipasi politik dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2015 sebesar 77%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kesadaran politik dan partisipasi politik dalam Pemilihan Umum Kepala Derah tahun 2015 di desa Kepoh, kecamatan Sambi, kabupaten Boyolali.

×
Penulis Utama : Eka Galuh Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412023
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Kesadaran Politik terhadap Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2015 (Studi terhadap Perilaku Pemilih di Desa Kepoh, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan-K6412023-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rusnaini, M.Si.
2. Dr. Muh. Muchtarom, S.Ag., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.