Penulis Utama : Rosiana Nugrahaini
NIM / NIP : D0211090
×

ABSTRAK

Perkembangan teknologi khususnya dalam penyebaran arus informasi dan komunikasi semakin melaju pesat. Kehadiran internet yang merupakan produk perkembangan teknologi, kemudian menjadi faktor terjadinya revolusi media komunikasi. Media konvensional  dituntut  untuk mampu  berinovasi  agar tidak tergantikan oleh media baru. Solusi dari fenomena tersebut adalah konvergensi media, dimana media konvensional menambah platform mereka ke- digital. Contohnya  media  cetak  yang  berbondong  –  bondong  membuat  versi  online sebagai solusi untuk mempertahankan eksistensi mereka. Khalayak sebagai konsumen media, aktif menentukan media mana yang mampu memenuhi kebutuhan mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pengguna media cetak dan online, yaitu Tabloid BOLA dengan versi online nya Juara.net; dan sebagai informasi untuk kedua media. Selain itu untuk menambah wawasan serta pengaplikasian teori Uses and Gratifications.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif yang menggunakan dasar teori Uses and Gratificaitons oleh Palmgreen (1985). Metode penarikan   sampel   menggunakan   Simple   Random   Sampling   pada   populasi followers @TabloidBOLA. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google  Docs.  Dan  kemudian  dianalisis  menggunakan  teknik  analisis perbandingan Paired Sample t test dengan aplikasi SPSS 16 For Windows.
Hasil penelitian mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, terdapat kepuasan pengguna pada Tabloid BOLA pada aspek kebutuhan informasi dan aspek integrasi sosial, sedangkan Juara.net hanya pada aspek informasi. Kedua, dari keempat aspek kepuasan yaitu informasi, identitas personal, integrasi sosial, dan hiburan pada kepuasan pengguna, Tabloid BOLA diketahui lebih unggul dari Juara.net. Dan terdapat perbedaan yang signifikan pada ketiga aspek kepuasan kecuali aspek informasi. Yang berarti dari aspek informasi, kedua media tersebut memiliki nilai yang sama dalam memenuhi kepuasan pengguna.

×
Penulis Utama : Rosiana Nugrahaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211090
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Kepuasan Pengguna Media Cetak dan Online
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0211090-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.