Penulis Utama : Elisabeth Agnes Sidabutar
NIM / NIP : G0013086
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Trombositopenia dapat terjadi pada pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK). Sindrom uremia pada PGK menyebabkan 10 % pasien PGK yang tidak menjalani hemodialisis mengalami trombositopenia. Kejadian trombositopenia  pada  pasien  PGK  yang  menjalani  hemodialisis  meningkat menjadi 31%. Peningkatan terjadinya trombositopenia disebabkan pemberian heparin selama proses hemodialisis untuk mencegah penggumpalan darah. Semakin lama terpapar heparin maka akan timbul efek samping yaitu penurunan fungsi dan jumlah trombosit sehingga dapat terjadi trombositopenia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hemodialisis terhadap terjadinya trmbositopenia pada pasien PGK di RSUD Dr. Moewardi.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode kohort retrospektif. Penelitian ini dilakukan di bagian hemodialisis RSUD Dr. Moewardi pada tanggal 2 Oktober – 9 November 2016. Subjek penelitian adalah pasien PGK di RSUD Dr. Moewardi yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik fixed exposure sampling dan simple random sampling. Jumlah sampel yaitu sebanyak 100 pasien dikategorikan menjadi 3 kelompok berdasarkan frekuensi hemodialisis. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS for windows 22.0 dan dianalisis dengan uji chi-square.
Hasil  Penelitian:  Pasien  PGK  yang  menjalani  hemodialiasis  1x  /  minggu memiliki risiko mengalami trombositopenia 1,5x lebih besar daripada yang tidak menjalani hemodialisis (OR = 1,47; CI 95% 0,37-5,78; p = 0,583). Sedangkan pasien PGK yang menjalani hemodialisis 2x / minggu memiliki risiko mengalami trombositopenia 7,3x daripada yang tidak menjalani hemodialisis (OR = 7,33; CI
95% 2,33-23,12; p < 0>Simpulan Penelitian: Ada pengaruh hemodialisis terhadap terjadinya trombositopenia pada pasien PGK di RSUD Dr. Moewardi. Pasien dengan frekuensi hemodialisis lebih tinggi, semakin berisiko mengalami trombositopenia.

×
Penulis Utama : Elisabeth Agnes Sidabutar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013086
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Hemodialisis terhadap Terjadinya Trombositopenia pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik di RSUD Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0013086-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ratih Tri Kusuma Dewi, dr., Sp.PD
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH, M.Sc, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.