Penulis Utama : Okky Nugroho
NIM / NIP : F1314155
×

Badan Layanan Umum (BLU) merupakan suatu terobosan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan umum dengan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan keuangannya. Namun demikian, BLU masih menjadi beban dalam APBN Pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transfer pemerintah, size BLU, umur BLU, dan jenis layanan BLU terhadap tingkat Kemandirian Keuangan BLU.

Populasi dalam penelitian ini adalah BLU di Indonesia sampai dengan tahun 2014. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode puposive sampling dan jumlah sampel yang memenuhi kriteria sebanyak 123 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari Ikhtisar Laporan Keuangan BLU dalam Lampiran Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2014.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa transfer pemerintah berpengaruh negatif terhadap tingkat kemandirian keuangan BLU. Sebaliknya,size BLU dan umur BLU berpengaruh positif terhadap tingkat kemandirian keuangan BLU. Sedangkan jenis layanan BLU tidak berpengaruh terhadap tingkat kemandirian keuangan BLU. Dengan penelitian ini, diharapkan BLU dapat lebih mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya sehingga dapat memberikan layanan kepada masyarakat tanpa membebani anggaran pemerintah.

Kata Kunci: Agency, BLU, pengelolaan keuangan negara, kemandirian keuangan, layanan umum.

×
Penulis Utama : Okky Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1314155
Tahun : 2017
Judul : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemandirian Keuangan Badan Layanan Umum di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Dan Bisnis- Prodi Akuntansi- F1314155-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hanung Triatmoko, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.