Penulis Utama : Scundy Nourma Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2311072
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan problem based learning dengan metode eksperimen dan metode demonstrasi ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi hukum newton kelas X SMA N 1 Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP- Prodi Pendidikan Fisika- K2311072- 2016
Subyek : PROBLEM BASED LEARNING, METODE EKSPERIMEN, METODE DEMONSTRASI, KEMAMPUAN KOGNITIF, MOTIVASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh menggunakan penggunaan model Problem Based Learning (PBL)  melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa, (2) perbedaan pengaruh dengan motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa, dan (3) interaksi antara penggunaan model problem based learning dengan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan kognitif siswa.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 3 isi sel tak sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMAN 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Analisis data keadaan awal siswa dengan uji t dua ekor menunjukkan bahwa sampel mempunyai keadaan awal yang seimbang sebelum diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik dokumentasi, angket dan teknik tes.  Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data keadaan awal yaitu nilai ulangan materi gerak melingkar. Teknik angket digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan instrumen lembar angket motivasi belajar. Teknik tes digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa. Analisis data penelitian menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikansi 5 %.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan pengaruh hasil belajar siswa antara penggunaan model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa. (2) Ada perbedaan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap kemempuan kognitif Fisika. Pada uji lanjut anava yang pertama dikatakan bahwa ada perbedaan kemampuan kognitif antara siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang, yang kedua dikatakan bahwa ada perbedaan kemampuan kognitif antara siswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah, yang ketiga dikatakan bahwa ada perbedaan kemampuan kognitif antara siswa dengan motivasi belajar sedang dan rendah. dan (3) Tidak ada interaksi antara penggunaan model Problem Based Learning melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi ditinjau dari motivasi belajar terhadap kemampuan kognitif siswa.

Kata kunci : Problem Based Learning, metode eksperimen, metode demonstrasi, kemampuan kognitif, motivasi belajar

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Daftar pustaka.pdf
Lembar pernyataan persetujuan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd
2. Dra. Rini Budiharti, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP