Penulis Utama : Dalimin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4712811
Tahun : 2014
Judul : Meningkatkan Ketrampilan Gerak Dasar Melompat dengan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Tambahrejo 02, Bandar, Batang Tahun Pelajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-X4712811-2014
Subyek : GERAK DASAR MELOMPAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan dari penelitian  adalah untuk  meningkatkan  ketrampilan  gerak  dasar melompat melalui  modifikasi alat bantu pembelajaran  pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,  dan refleksi.  Subyek penelitian adalah  siswa   kelas IV Sekolah Dasar Negeri  Tambahrejo  02 kecamatan Bandar  kabupateo  Batang  tahun  pelajaran 2013/2014,  deogao jumlah  17  siswa deogao riocian siswa 6 siswa putri dan ll  siswa putra. Sumber data penelitian  ini berasal dari guru dan  siswa.  Teknik pengumpulao data adalah dengan onservasi,  penilaian ketrampilan gerak dasar melompat. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil  penelitian  dari kondisi awal siswa ke siklus,  dan ke siklus Il. Pada  nilai sikap  Kompetensi  Inti  I  (  Sikap  Spiritual  ),  konsisi   awal  siswa   hanya  mencapai 47, l % atau 8 siswa,  pada pembelajaran siklus I naik menjadi 58,8  % atau lO siswa, dan pada pembelajaran  siklus II naik menjadi 88,2 % atau  15 siswa, Pada nilai sikap Kompetensi Inti  II ( Sikap Sosial ), konsisi  awal siswa hanya mencapai 52,9 % atau 9 siswa, pada pernbelajaran  siklus I naik menjadi  64, 7 % atau  11  siswa,  dan pada pembelajaran   siklus  Il  .naik  menjadi   88,2   %  ataul5   siswa,   Pada   nilai   sikap Kompetensi Inti III ( Aspek Pengetahuan ), konsisi awal siswa haoya mencapai 47 % atau8 siswa, pada pembelajaran siklus I naik menjadi 58,9 % atau 10 siswa, dan pada pembelajaran  siklus  II  naik roenjadi  88,2  %  atau  15  siswa,  dan Pada  nilai  sikap Kompetensi Inti IV ( Aspek Ketrampilan ), konsisi  awal siswa hanya mencapai 47 % atau 8  siswa, pada pembelajaran siklus I naik menjadi 52,9 % atau 9 siswa, dan pada pembelajaran  siklus II  naik  menjadi  88,2 % atau  15  siswa.  Jadi  pada  nilai  yang terjadi dari seluruh aspek KI - I, KI - 2, KI - 3, dan KI - 4 mengalami kenaikan yang signifikan  dari  47 %  atau 8 siswa  naik menjadi  88,2  %  atau 15  siswa,  dari keseluruhan pembelajaran naik secara signifikan 41,2 % atau 7 siswa.
Simpulan penelitian  ini adalah  melalui  modifikasi  alat bantu pembelajaran
dapat meningkatkan basil belajar gerak dasar roelompat pada siswa kelas IV Sekolah
Dasar Negeri Tambahrejo 02 Bandar, Batang tahun pelajaran 2013/2014.
 

Kata Kunci : meningkatkan ketrampilan, melompat, modifikasi alat bantu

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waluyo, M.Or.
2. Drs. Sukono, M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP