Penulis Utama : Mifftahul Jannah Nur Rahmawati
NIM / NIP : D1416033
×

ABSTRAK

Kegiatan Kuliah Kerja Media (KKM) merupakan peningkatan kemampuan yang mahasiswa miliki dan juga menambah pengalaman kerja di bidang yang tengah ditempuh. Dan juga sebagai sarana mempraktikkan ilmu-ilmu yang telah didapat dari bangku perkuliahan di dunia kerja. Tujuan utama pelaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) yaitu untuk menyusun Laporan Tugas Akhir untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md) dalam bidang Komunikasi Terapan.
Salah satu hasil dari perkembangan teknologi komunikasi adalah media penyiaran. Media penyiaran yang berkembang pesat adalah televisi. Televisi merupakan media komunikasi massa yang memiliki perpaduan antara audio dan visual, yang mana masyarakat dapat mendengar melalui audio dan melihat melalui visual.
Penulis memilih Surya Citra Televisi (SCTV) sebagai tempat pelaksanaan kuliah kerja media. Selama melaksanakan kuliah kerja media, penulis bertugas menjadi reporter dari program Liputan 6 Siang. Reporter merupakan garda terdepan dalam mengumpulkan berita-berita. Sejatinya reporter televisi adalah seseorang yang bertugas mengumpulkan berita-berita dari berbagai sumber, menyusun masing-masing laporan dan menulisnya kemudian melaporkannya melalui stasiun televisi yang bersangkutan. Sebagai reporter harus memiliki motivasi dan kreatifitas tinggi dalam mengolah berita. Reporter harus bisa melihat suatu peristiwa yang akan dijadikan berita dari berbagai sudut pandang.
Dalam melaksanakan tugasnya, reporter berperan sebagai pimpinan produksi, sebagai wartawan, dan sebagai penyiar. Reporter sebagai pimpinan produksi, memimpin jalannya liputan, harus bisa mengarahkan juru kamera tentang gambar apa yang dibutuhkan untuk kelengkapan berita dan menjaga kerja sama tim. Reporter sebagai wartawan, harus melaporkan apa saja yang terlihat ketika suatu peristiwa berlangsung, tetapi ia juga harus melaporkan yang terjadi “di belakang berita” (the news behind the news). Reporter sebaagai penyiar harus mampu menyampaikan berita secara fasih dan spontan, karena reporter adalah wakil mata dan telinga pemirsa. Saran untuk Program Studi DIII Komunikasi Terapan Minat Utama Penyiaran agar melakukan penyediaan maupun pembaharuan peralatan penunjang pembelajaran, dikarenakan peralatan yang digunakan di dunia kerja nyata akan terus mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan teknologi. Dan saran untuk Redaksi Liputan 6 untuk lebih memperhatikan dan merawat peralatan agar bisa tetap digunakan dengan baik.

Kata Kunci : penyiaran, televisi, reporter, SCTV    

 

×
Penulis Utama : Mifftahul Jannah Nur Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1416033
Tahun : 2019
Judul : Peran Reporter dalam Produksi Berita Program Liputan 6 Siang SCTV
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Penyiaran-D1416033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto, S.IP,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.