Penulis Utama : Rina Trinopiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Wacana rubrik olah raga dalam majalah berbahasa jawa (kajian kohesi dan koherensi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0100049-2004
Subyek : OLAH RAGA, MAJALAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif tentang wacana rubrik olah raga dalam majalah berbahasa Jawa. Permasalahan penelitian ini adalah penanda kohesi, koherensi serta ciri khusus pada wacana rubrik olah raga dalam majalah berbahasa Jawa.

Sumber data yang digunakan berupa sumber data tertulis. Data tertulis diperoleh dari majalah berbahasa Jawa yaitu Penjebar Semangat, Jaya Baya, dan Djoko Lodhang. Pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak. Kemudian dilanjutkan dengan pencatatan terhadap data yang relevan ke dalam kartu data yang telah disiapkan. Setelah data terkumpul lalu diseleksi dan diklasifikasikan sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini dan dilanjutkan dengan analisis data. Analisis data yang digunakan dengan distribusional dan metode padan. Metode distribusional berupa teknik dasar bagi unsur langsung (BUL) dan teknik lanjutannya yaitu teknik lesap dan teknik ganti. Metode distribusional digunakan untuk menganalisis penanda kohesi. Metode padan digunakan untuk menganalisis penanda koherensi.

Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan adanya (1) Penanda kohesi yaitu penanda kohesi gramatikal dan penanda kohesi leksikal. Penanda kohesi gramatikal meliputi referensi (pengacuan), demonstratif, komparatif, substitusi, konjungsi, dan elipsis. Penanda kohesi leksikal meliputi repetisi, sinonimi, antonim, hiponimi, kolokasi, dan ekuivalensi. Penanda kohesi gramatikal yang dominan dalam wacana rubrik olah raga berbahasa Jawa adalah pengacuan persona pertama dan ketiga, substitusi, serta konjungsi koordinatif, dan penanda kohesi leksikal yang dominan adalah repetisi dan ekuivalensi. (2) Penanda koherensi yang ditemukan dalam wacana rubrik olah raga berbahasa Jawa yaitu penanda koherensi berupa seri atau rentetan, penambahan, penekanan, pertentangan, penyimpulan dan misal. (3) Ciri khusus wacana rubrik olah raga yaitu banyaknya penggunaan istilah dalam bidang olah raga, kalimatnya panjang-panjang disertai kata penunjuk, temanya sering diulang-ulang, unsur kalimatnya selalu diganti dengan unsur lain dan biasanya menyebutkan julukan kata ganti, banyak kata yang diulang-ulang, terdapat kalimat langsung, serta sering menggunakan kata istilah kasar yang berfungsi memberikan penegasan suatu berita. Kehadiran penanda kohesi dan koherensi tersebut membentuk keutuhan wacana dan mendukung pemahaman wacana.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum
2. Drs. Wakit Abdullah, M.Hum.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa