Penulis Utama : Regita Maulina Wirawardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816077
Tahun : 2019
Judul : Peran Pustakawan terhadap Perkuliahan Evidence Based di Unit Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan UGM Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. D III Perpustakaan-D1816077-2019
Subyek : PERAN PUSTAKAWAN, EVIDENCE BASED
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Magang Pusdokinfo adalah salah satu kegiatan mahasiswa tingkat akhir yang dilakukan untuk memaksimalkan potensi mahasiswa juga sebagian dari sistem pelatihan kerja. Selain itu tujuan magang sendiri sebagai pengaplikasian dan meningkatkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan,Untuk mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya dalam suatu industri dan, Menambah serta meningkatkan keterampilan,  keahlian dibidang praktek.  Profesi pustakawan adalah seorang yang menyelenggarakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu yang dimiliki melalui pendidikan (Kode Etik Pustakawan, 1998:1).
Pustakawan saat ini lebih cepat berkembang dan mengikuti perkembangan teknologi, sehingga memudahkan perpustakaan untuk berkambang juga memudahkan pustakawan dalam menjalankan tugas pokonya,  yaitu  kegiatan di bidang kepustakawanan yang meliputi Pengelolaan Perpustakaan, Pelayanan Perpustakaan, dan Pengembangan Sistem Kepustakawanan yang dilakukan oleh setiap Pustakawan sesuai jenjang jabatannya. Selain itu pustakawan sebagai salah satu profesi yang dapat melakukan kegiatan pendidikan seperti mengajar, menulis, membimbing, menyuluh, melakukan penelitian, maupun menjadi narasumber berbagai pertemuan ilmiah. Dengan pengetahuan / knowledge dan ketrampilan yang dimilikinya, mereka berpeluang besar untuk berperan sebagai pendidik.
Seperti halnya yang dilakukan oleh pustakawan di perpustakaan fakultas kedokteran, kesehatan masyarakat dn keperawatan UGM Yogykarta. Pustakawan berperan langsung dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di fakultas kedokteran, salah satunya  peran pustakawan sebagai Literatur Serching. Dimana Pustakawan diberi peran untuk membimbing mahasiswa secara langsung mengajarkan bagaimana menggunakan data base yang dilanggan oleh perpustakaan, bagaimana cara mencari informasi yang baik, bagaimana cara mencari koleksi bahan pustaka cetak maupun non cetak, dll. Dan ini termasuk pada mata kuliah resmi di fakultas kedokteran.
Perpustakaan berkembang beriringan dengan pustakawan kreatif, inofatif dan cekatan, pustakawan tidak melulu berhubungan dengan buku, tetapi juga dengan teknologi yang berhubungan dengan perpustakaan itu sendiri. Seperti penggunaan data base, pengaturan web perpustakaan, penyebaran informasi perpustakaan kepada civitas akedemi, dll. Sehingga pustakawan tidak boleh gaptek atau gagap teknologi, ilmu teknologi saat ini merupakan syarat wajib yang harus dimiliki oleh setiap pustakawan

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Subardiyati, S.Sos, M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP