Penulis Utama : Agung Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4407007
Tahun : 2014
Judul : Suran Jomboleka (Studi Buday A Masy Araka T Karan Gpandan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Sejarah-K4407007-2014
Subyek : SURAN JOMBOLEKA, STUDI BUDAY A MASY ARAKA T
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar  belakang muncu!nya upacara Suran Jomboleka,  (2) Mengetahui proses pelaksanaan upacara Suran Jomboleka,  (3) Mengetahui pergeseran makna dalam upacara Suran Jomboleka, (4) Mengetahui  tanggapan  masyarakat Desa  Ngemplak, Kecamatan Karangpandan terhadap upacara Suran Jomboleka,

Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian  deskriptif kualitatif. Sample yang digunakan bersifat purposive sampling.Sedangkan  teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara observasi, wawancara, dan analisis dokumen.Untuk menguji kebenaran data penulis menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis kualitatif dan analisis interaktif.

Berdasarkan  hasil  penelitian   ir.i  dapat disimpulkan: (1) Upacara Suran Jomboleka berlatarbelakang runtuhnya kerajaan Majapahit karena serangan Demak Bintara, Salah satu putera Brawijaya V melarikan diri ke kaki bukit gunung lawu yang bemama Pangeran Arya Kusuma. Beliau tinggal di Jomboleka sampai meninggal dan dimakamkan ditempat tersebut Oleh masyarakat sekitar,makam ini diuri-uri I diadakan upacara adat (kenduri).  (2) Pelaksanaan prosesi upacara tradisi Suran Jomboleka meliputi berbagai proses rangkaian acara yang barus dilewati diantaraya adalah persyaratan yang harus dipenuhi, perlengkapan upacara yang diperlukan, persiapan upacara tradisi Suran Jomboleka yang harus dilakukan guna memperlancar jalannya acara pada saat puncak acara, Pada persiapan Suran Jomboleka ini adanya acara malam ritual menyanggarkan air kendi Tirto Wening yang merupakan rangkaian  acara  dari upacara Suran Jomboleka di malam sebelum puncak acara berlangsung.Keesokan harinya puncak acara upacara Suran Jomboleka pun dimulai.Puncak acara upacara Suran Jomboleka merupakan sebuah upacara tradisi yang disuguhi dengan kirab budaya dan hiburan kesenian, Berakhirnya Suran Jomboleka ditandai dengan acara udhik• udhik, yaitu rebutan uang koin yang diincar oleh warga sekitar, terutama anak• anak yang diyakini membawa berkah dan memperlancar rezeki. (3) Dalam perkembanganya, tradisi-tradisi tersebut lambat laun mulai mengalami pergeseran, diantaranya adalah tadinya rasa syukur  itu  ditunjukkan kepada roh penghuni makam berubah ditunjukk:an kepada Allah SWT. Upacara Suran Jomboleka itu semula menggunakan sesaji yang dipersembahkan kepada leluhur yang sudah meninggal, dalam pelaksanaan upacara diadakan acara sedekah bumi yang dibagikan kepada warga masyarakat dan dimakan/dinikmati bersama-sama. (4) Di dalam menanggapi terhadap pelaksanaan upacara Suran Jomboleka, masyarakat desa Ngemplak dapat diklasifikasikan menjadi tiga kriteria, Kriteria pertama yaitu golongan tua masih sangat menjunjung tinggi adat  istiadat  ataupun  tradisi. golongan muda bersikap lebih kepada menghonnati keberadaan upacara tersebut, sedangkan golongan anak:-anak mengbadiri upacara bertujuan bermain dan menonton jalanya upacara.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
Bab I.pdf
Bab II.pdf
Bab III.pdf
Bab IV.pdf
Bab V.pdf
Dapus.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd
2. Dra. Sri ah uni M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP