Penulis Utama : Fajar Dwi Nursanti
NIM / NIP : X3304009
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan  CTL menggunakan metode  eksperimen Jaboratorium dapat memberikan prestasi belajar lebih baik dari pada pelaksanaan pembelajaran    dengan pendekatan CTL   menggunakan media VCD pada   pokok bahasan sistem koloid.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk perluasan dari
"Randomized Control Group Pretest-Postest Design " untuk aspek kognitif dan aspek afektif. Populasi  pada  penelitian ini adalah siswa kelas XI  SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali tahun 20I0/2011. Sample penelitian  terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1    sebagai kelas eksperimen I dan kelas XJ IPA 2 sebagai kelas eksperimen  II yang dipilih secara cluster random sampling. Data utama penelitian ini adalah berupa prestasi belajar siswa  yang meliputi aspek kognitif dan  aspek afektif. Analisis data untuk pengujian  hipotesis menggunakan  uji t-pihak kanan.
Dari hasil analisis data dengan uji  t-pihak kanan diperoleh harga t hitung untuk aspek kognitif 2.368542 dan t hitung untuk aspek afektif  l.942748 dengan  t tabel = 1,67 dan taraf signifikansi 5%. Karena  harga t hitung lebih besar dari t tabel• maka dapat disimpulkan bahwa   penggunakan pendekatan   CTL   menggunakan
metode eksperimen  laboratorium  lebih efektif  dibandingkan  dengan pendekatan CTL menggunakan  media VCD pada pembelajaran  materi sistem koloid.

Kata kunci:  Studi Komparasi,  Pendekatan  Contextual  Teaching and Learning  (CTL), Media VCD,  Sistem Koloid

×
Penulis Utama : Fajar Dwi Nursanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X3304009
Tahun : 2012
Judul : Stud I Komp Arasi Pembelajaran Kimia dengan Pendeka Tan Contextual Teaching and Learning (Ctl) menggunakan Eksperimen Laboratorium dan Media Vcd pada Pokok Bahasan Sistem Koloid Kelas XI Ipa Semester 2 di SMA Biilnneka Kary A2 Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2012
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Kimia- X3304009-2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ora. Hj. Tri Redjeki, M.S.,
2. Sri Retno Dwi A, S. Si, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.