Penulis Utama : Zelen Mahantika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013246
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada Jenis Koping Stres Engagement dan Disengagement Mahasiswa Angkatan 2013 Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0013246-2016
Subyek : STRES, KOPING STRES, PRESTASI BELAJAR, INDEKS PRETASI KUMULATIF
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Dalam menanggulangi stres, dibutuhkan mediator yang menahan individu dari efek negatif stres yaitu koping. Koping stres terdiri dari dua jenis yaitu engagement coping dan disengagement coping. Jenis koping stres yang digunakan individu akan mempengaruhi fungsi intelektualnya yang diwujudkan dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan IPK pada jenis koping stres engagement dan disengagement mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret sejak Mei-November 2016. Responden terdiri dari tujuh puluh mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret dengan cara simple random sampling. Koping stres diukur menggunakan kuesioner. Nilai yang akan dibandingkan adalah Indeks Prestasi Kumulatif pada semester VI. Data dianalisis dengan uji Mann-Whitney.
Hasil Penelitian: Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai p = 0,774 (p>0,05) bahwa tidak terdapat perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenis koping stres engagement dan disengagement mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret.
Simpulan Penelitian: Tidak terdapat perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenis koping stres engagement dan disengagement mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr. M.Pd
2. Rohmaningtyas Hidayah S., dr.,Sp.KJ.,M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran