Penulis Utama : Fery Wahyu Anggriawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612032
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lempar Turbo Menggunakan Model Pembelajaran secara Kelompok pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bulukantil No. 150 Kecamatan Jebres Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Kepelatihan Olahraga-K5612032-2016
Subyek : GERAK DASAR LEMPAR TURBO, MODEL PEMBELAJARAN SECARA KELOMPOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan  dalam dua siklus, dengan  setiap  siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan  tindakan, observasi,  dan  refleksi. Subjek  penelitian  adalah  siswa kelas IV SD Negeri Bulukantil No. 150 Kecamatan Jebres Surakarta semester I Tahun  Pelajaran  2016/2017, sebanyak 35 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam PTK ini adalah  teknis tes dan  observasi, pengambilan  data melalui tes sebelum dan sesudah diadakan tindakan menggunakan model pembelajaran secara kelompok  pada materi gerak dasar lempar turbo. Observasi dilakukan untuk  mengamati  perubahan  perilaku  siswa pada setiap  siklus.  Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model pembelajaran secara kelompok pada mata pelajaran penjasorkes dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar turbo pada siswa kelas IV SD Negeri Bulukantil No. 150 Kecamatan Jebres Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017, dapat diperoleh hasil penelitian dan pembahasan sebagai berikut: pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebanyak 24 siswa atau 68,57%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mancapai 30 siswa atau 85,71?ri jumlah seluruh siswa yaitu 35 siswa. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari 76,67 pada siklus I meningkat menjadi  79,32  pada  siklus  II. Nilai pada kondisi akhir meningkat dan melebihi target minimal yang diharapkan yaitu minimal 80% siswa dalam satu kelas dapat tuntas belajar.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sarjoko Lelono., M.Kes
2. Slamet Widodo, S.Pd, M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP