Penulis Utama : Reggian Galuh Mayvera
NIM / NIP : R0016084
×

Abstrak

Latar  Belakang  :  Penggunaan  mesin  dan  peralatan  industri  dalam penggunaannya dapat mengeluarkan energi berbahaya berupa energi listrik, mekanik, hidrolik, pneumatik, kimia, dan panas sehingga harus dilakukan pencegahan berupa penerapan lock out tag out (LOTO) agar tenaga kerja terhindar dari kecelakaan kerja akibat pelepasan energi berbahaya.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan penerapan Lock Out Tag Out (LOTO) sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Bina Guna Kimia, Ungaran, Semarang. Pengambilan data penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara kepada tenaga kerja serta studi kepustakaan.

Hasil : PT. Bina Guna Kimia telah melakukan upaya pencegahan kecelakaan kerja sesuai dengan peraturan dan standard  yang  berlaku  yaitu  dengan  menerapkan program Lock Out  Tag  Out. Upaya pencegahan  ini dilakukan untuk  memberi perlindungan dalam melakukan pekerjaan yang menuntut suatu bagian tubuh berada dalam posisi dimana gerakan yang tidak disengaja atau terlepasnya energi berbahaya yang tersimpan dapat menyebabkan cedera atau sakit.

Simpulan : Sumber energi berbahaya di PT. Bina Guna Kimia yaitu berupa energi listrik, kimia, pneumatik, mekanik dan panas. Program isolasi energi dan lock out tag out sudah diterapkan sesuai dengan peraturan dan standard yang berlaku sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Bina Guna Kimia.

Kata Kunci : Pencegahan kecelakaan kerja dengan sistem Lock Out Tag Out.

×
Penulis Utama : Reggian Galuh Mayvera
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016084
Tahun : 2019
Judul : Implementasi Lock Out Tag Out (LOTO) sebagai Upaya Pencegahan Terjadinya Kecelakaan Kerja di PT Bina Guna Kimia, Ungaran, Semarang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016084-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Cr. Siti Utari, M.Kes.
2. Yulia Sari, S.Si.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.