Penulis Utama : Nita Ambarsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016070
Tahun : 2019
Judul : Gambaran Kecelakaan Kerja dan Faktor- Faktor Penyebabnya di PT. Solusi Bangun Indonesia Pabrik Tuban Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016070-2019
Subyek : KECELAKAAN KERJA, KERUGIAN, PENYEBAB KECELAKAAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Latar Belakang : Kecelakaan kerja perlu dilakukan evaluasi dan upaya pencegahannya sehingga dapat meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran kecelakaan kerja dan faktor- faktor penyebabnya sehingga dapat memberikan saran atau masukan dalam pembuatan program K3 pada tahun berikutnya.

Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menggambarkan kecelakaan kerja dan faktor-faktor penyebabnya di PT Solusi Bangun Indonesia Pabrik Tuban Jawa Timur. Sampel penelitian ini adalah 15 tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja. Data penelitian bersumber dari hasil wawancara dan laporan kecelakaan kerja yang ada di perusahaan. Analisis data dilakukan dengan data disajikan dalam bentuk narasi dan tabel distrubusi frekuensi yang kemudian akan dibandingkan dengan teori atau acuan yang ada.

Hasil Penelitian: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa kecelakaan kerja yang terjadi di PT Solusi Bangun Indonesia selama bulan Januari hingga Desember 2018 ialah kerugian yang dialami manusia yaitu 9 (60%) orang, kecelakaan tertumbuk atau terkena benda-benda yaitu sebanyak 7 (46,67%) orang, dikarenakan unsafe action yaitu 9 (60%) orang, terjadi pada usia > 30 tahun yaitu 11 (73%) orang, berjenis kelamin laki-laki yaitu 15 (100%) orang, bekerja di unit produksi yaitu 10 (67%) orang, jenis pekerjaan sebagai teknisi yaitu 7 (47%) orang, shift kerja yaitu Shift I ada sebanyak 10 (67%) orang, dan masa kerja ?5tahun sebanyak 13 (87%) orang.

Simpulan Penelitian : Diharapkan manajemen perusahaan maupun manajemen kontraktor dapat melakukan pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan serta mengadakan pembekalan K3 baik sebelum memulai pekerjaan, saat bekerja maupun selesai bekerja. Kemudian, diharapkan tenaga kerja dapat mematuhi aturan atau kebijakan yang dibuat oleh perusahaan dan bekerja sesuai dengan SOP (Standat Operasional Prosedur) yang ada serta dapat memperhatikan kondisi lapangan dan tindakan yang aman dalam bekerja.

Kata Kunci : kecelakaan kerja, kerugian, penyebab kecelakaan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Maria Paskanita Widjarnati ,SKM,.M.Sc.
2. Agus Eka Nurma Yuneta, S.ST., M.Kes.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran