Penulis Utama : Laelly Rohmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4415031
Tahun : 2019
Judul : Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing Method) Dengan Media Lagu Di Kelas X Ips 3 Sma Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP- Prodi Pendidikan Sejarah-K4415031-2019
Subyek : METODE BERMAIN PERAN, MEDIA LAGU, KREATIVITAS, PRESTASI BELAJAR SEJARAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS 3 SMA N 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/1019 melalui penerapan metode bermain peran (role playing method) dengan media lagu.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 SMA N 4 Surakarta yang berjumlah 33 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, proses pembelajaran dan dokumen. Teknik pengumpulan data diantaranya melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Uji validitas data melalui teknik triangulasi sumber/data dan triangulasi metode. Prosedur penelitian menggunakan model PTK Siklus yang dikembangkan oleh Suharsimi Arikunto (Planning, Action, Observing, Reflecting).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode bermain peran dengan media lagu dapat meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari ketuntasan siswa pada tes uji kognitif. Prestasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 21,21% meningkat menjadi 54,54% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 90,91%. (2) Penerapan metode bermain peran dengan media lagu dapat meningkatkan kreativitas siswa kelas X IPS 3 SMA N 4 Surakarta dilihat dari tercapainya empat indikator kreativitas yakni fleksibilitas, originalitas, elaborasi dan kefasihan. Persentase rata-rata indikator kreativitas siswa melalui pengisian angket pada prasiklus yaitu 66,29%, kemudian meningkat menjadi 67,58% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 78,78%. Prosentase rata-rata indikator kreativitas siswa melalui lembar pengamatan pada prasiklus yaitu 50,78%, naik menjadi 62,76% pada siklus I dan pada siklus II naik mencapai 80,47%.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode bermain peran dan media lagu dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS 3 SMA N 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci : Metode Bermain Peran, media lagu, kreativitas, prestasi belajar sejarah

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lemb Publikasi.pdf
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.,
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP