Penulis Utama : Niswatun Ngafifah
NIM / NIP : K7115116
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan metode sugestopedia. Metode sugestopedia adalah metode pembelajaran yang membuat peserta didik belajar dengan cara yang menyenangkan dengan menekankan penggunaan musik baroque dalam proses pembelajaran. Metode sugestopedia mempunyai empat fase yaitu, introduction, concert session, reading, dan  elaborating and student’s production.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. PTK dalam penelitian ini terinci ke dalam empat tahap, yaitu: 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Setono No. 95 tahun ajaran 2018/2019 dengan total 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumen, dan tes dengan pemeriksaan keabsahan data dengan uji  triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan validitas isi. Penelitian ini menggunakan analisis data model analisis interaktif Miles-Huberman.
Keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik kelas IV pada siklus 1 secara klasikal pada aspek diksi memperoleh ketercapaian klasikal sebesar 55,88% aspek ejaan dan tata tulis sebesar 26,47%, aspek kesesuaian isi dengan tema sebesar 79,41%, aspek struktur teks sebesar 47,06%, dan aspek fungsi teks sebesar 91,18%. Ketercapaian penelitian diperoleh pada siklus 2 dengan hasil pada aspek diksi memperoleh ketercapaian klasikal sebesar 85,29%, aspek ejaan dan tata tulis sebesar 85,29%, aspek kesesuaian isi dengan tema sebesar 100%, aspek struktur teks sebesar 85,29%, dan aspek fungsi teks sebesar 100%. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi metode sugestopedia dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi.

Kata kunci : keterampilan menulis teks eksposisi, metode sugestopedia, sekolah dasar, pembelajaran Bahasa Indonesia

 

×
Penulis Utama : Niswatun Ngafifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115116
Tahun : 2019
Judul : Implementasi metode sugestopedia untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi (PTK pada peserta didik kelas IV SD Negeri Setono No. 95 Surakarta tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115116-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Siti Wahyuningsih, M.Pd
2. Dr. Riyadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.