Penulis Utama : Retno Riana Sari
NIM / NIP : K7115139
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada peserta didik kelas III Sekolah Dasar Negeri No. 244 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 melaui penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan peserta didik kelas III dengan jumlah 30 peserta didik dengan 13 laki-laki dan 17 perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam uji validitas data penelitian ini adalah validitas isi dan triangulasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis interaktif.

Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil evaluasi dalam keterampilan menulis karangan narasi pada masing-masing aspeknya yaitu sebagai berikut. Skor rata-rata aspek isi pada pratindakan sebesar 2,6 kemudian pada siklus I meningkat menjadi 3,6 dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 3,6. Aspek organisasi perolehan skor rata-rata sebesar 2,3 pada pratindakan selanjutnya pada siklus I menjadi 3,2 dan meningkat menjadi 3,3 pada siklus II. Aspek kosa kata pada pratindakan skor rata-rata yang di peroleh sebesar 1,6 meningkat menjadi 2,4 pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus II menjadi 3,1. Aspek pengembangan bahasa perolehan skor rata-rata pratindakan sebesar 1,8 meningkat menjadi 2,6 pada siklus I terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 3,06. Selanjutnya pada aspek mekanik skor rata-rata yang diperoleh sebesar 2,1 pada pratindakan kemudian meningkat menjadi 2,7 pada siklus I dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 3,1.                

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal peserta didik dalam keterampilan menulis karangan narasi pada kegiatan pratindakan sebesar 16,67% dengan nilai rata-rata kelas 52,2. Kemudian meningkat menjadi 63,33% dengan nilai rata-rata kelas 73,3 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 86,67% dengan nilai rata-rata kelas 80,67 pada siklus II. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada peserta didik kelas III SD N Sayangan No. 244 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, media pembelajaran gambar seri, keterampilan menulis karangan narasi

 

×
Penulis Utama : Retno Riana Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115139
Tahun : 2019
Judul : Penggunaan model pembelajaran think pair share dengan media gambar seri untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas III SD N Sayangan No. 244 Surakarta tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115139-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Ismail Sriyanto, M.Pd.
2. Joko Daryanto, S.Sn., M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.