Penulis Utama : Ria Dwi Wulandari
NIM / NIP : K7115141
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan 29 peserta didik  kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, dimulai dari perencanaan, tindakan, oservasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tenik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang terdiri dari reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Sentence berpengaruh terhadap peningkatan hasil keterampilan menulis deskripsi dalam aspek isi, organisasi, penggunaan bahasa, kosakata serta mekanik. Skor keseluruhan aspek tersebut mengalami peningkatan pada setiap aspeknya. Perolehan skor ketuntasan klasikal keterampilan menulis deskripsi peserta didik pada pratindakan yaitu 16,21%, meningkat menjadi 76,42% pada siklus I, dan pada siklus II kembali meningkat menjadi 86,21%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi peserta didik kelas II SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2018/2019

Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Menulis Deskripsi, model Concept Sentence

 

×
Penulis Utama : Ria Dwi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115141
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui model pembelajaran concept sentence (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem II Surakarta tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115141-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni., M. Pd.
2. Dr. Chumdari, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.