Penulis Utama : Tyastiningsih
NIM / NIP : K7115181
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi antara peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction dengan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping, (2) Perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi antara peserta didik yang memilik motivasi belajar tinggi dengan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi anatara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri se-Kecamatan Musuk. Sampel yang terpilih adalah kelas V SD N Musuk 1 dan kelas V SD N Sukorame 1 dengan teknik pengemabilan sampel cluster Random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Pengumpulan data dengan teknik angket untuk motivasi belajar peserta didik dan teknik tes untuk keterampilan menulis karangan deskripsi. Analisis data menggunakan uji anava dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Ada perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Direct Instruction dan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Mind Mapping, ditujukan dengan FA = 9,85 > Ftabel = 2,8. (2) Ada perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi antara peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, ditunjukkan dengan FB = 2,88 > Ftabel = 2,8 . (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi ditunjukkan dengan FAB = 0,02 < Ftabel>

Kata Kunci: direct instruction, mind mapping, motivasi belajar, keterampilan menulis

 

×
Penulis Utama : Tyastiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115181
Tahun : 2019
Judul : Studi komparasi antara model pembelajaran direct instruction dan model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilanmenulis karangan deskripsi ditinjau dari motivasi belajar (Penelitian eksperimen pada peserta didik kelas V SD N Se-Kecamatan Musuk Boyolali tahun pelajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115181-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd.
2. Dr. Sukarno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.