Penulis Utama : Rohandi Setiawan
NIM / NIP : K5611070
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  heading sepakbola melalui penerapan bola modifikasi pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 15 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik  pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian  hasil belajar  heading  sepakbola.  Analisis  data  menggunakan  teknik  deskriptif  yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan bola modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar heading sepakbola siswa dari pratindakan ke siklus I dan   siklus   I   ke   siklus   II.   Proses   pembelajaran   pada   pratindakan   belum menggunakan   penerapan   bola   modifikasi   untuk   membantu   siswa   dalam mempelajari gerakan heading sepakbola sehingga keterampilan heading sepakbola siswa masih rendah dan hasil belajar heading sepakbola siswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 59,38 %, sedangkan pada siklus II mencapai 81,25 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan bola modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar heading sepakbola siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2015/2016.

×
Penulis Utama : Rohandi Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5611070
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Heading Sepakbola Melalui Penerapan Bola Modifikasi pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Nogosari Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Kepelatihan Olahraga-K5611070-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agustiyanto, M.Pd.
2. Hendrig Joko P, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.