Penulis Utama : Agus Febrianto
NIM / NIP : D0312005
×

ABSTRAK

Hutan menjadi tempat berlindung bagi banyak makhluk hidup yang ada di dunia ini. Saat ini kondisi hutan yang sedang memprihatinkan diseluruh dunia memunculkan gagasan untuk memperbaikinya. Sertifikasi adalah salah satu cara agar tidak terjadi ilegal logging. Selopuro adalah Kelurahan pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi sejak tahun 2004. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana dampak dari sertifikasi yang telah ada terhadap petani hutan rakyat di Selopuro.
Penelitian ini menggunakan teori strukturasi milik Anthony Giddens. Konsep yang digunakan adalah agensi, struktur dan juga dualitas struktur guna melihat pengaruh dari sertifikasi dan juga petani hutan rakyat. Metode dari penelitian ini adalah evaluasi dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Data didapatkan melalui wawancara secara mendalam, observasi di tempat penelitian dan dokumentasi. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Untuk melihat keabsahan dari data yang telah didapat, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisis yang digunakan menggunakan  CIPP,  dimana  melihat  dari  tujuan  awal,  modal,  proses  dan kemudian hasil dari sertifikasi.
Kesimpulan dari  penelitian  ini  bahwa dampak dari  sertifikasi  terhadap petani hutan rakyat bermacam-macam. Pada aspek produksi dampak sertifikasi dirasakan masih belum belum begitu terasa karena harga kayu dan juga pengelolaan unit manajemen yang ada tidak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh petani hutan rakyat. Kemudian aspek sosial dampak sertifikasi dirasakan dengan  semakin  dikenalnya  Selopuro  oleh  pihak  luar  dan  juga  pohon  yang mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup petani hutan. Selain itu pada aspek ekologi   dampak sertifikasi  yang dirasakan oleh petani hutan adalah semakin membaiknya kondisi lingkungan di Selopuro.

×
Penulis Utama : Agus Febrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0312005
Tahun : 2016
Judul : Sertifikasi Hutan Rakyat (Studi Evaluasi Dampak Sertifikasi Hutan Rakyat terhadap Petani Hutan Rakyat di Kelurahan Selopuro, Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Sosiologi-D0312005-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Zunariyah, S.Sos.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.