Penulis Utama : Aditya Setyadi
NIM / NIP : I8613001
×

ABSTRAK

Di zaman sekarang ini dengan mobilitas masyarakatnya yang tinggi diharapkan otoped ini mampu membantu dalam mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas dengan cara memproduksinya secara masal. Karena di saat seperti ini, tidak memungkinkan untuk semua masyarakatnya menggunakan kendaraan bermotor roda empat (mobil) mupun roda dua (sepeda motor) dengan bentuk kendaraan yang besar. Sehingga disini otoped bisa berperan dalam mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas baik di kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Semarang maupun kota di kota-kota lainnya.
Metode yang digunakan dalam pembuatan transmisi otoped mesin bensin yaitu: (1) menentukan daya pada otoped. (2) memilih mesin yang digunakan. (3) langkah–langkah proses perakitan transmisi. (4) melakukan uji jalan pada otoped mesin bensin.
Berdasarkan perancangan transmisi otoped mesin bensin yang telah dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: 1.         Rantai  yang  terpasang  pada otoped mesin bensin ini mampu memindahkan daya sebesar 9352 watt. Rantai pada transmisi otoped mesin bensin ini mampu menahan beban sebesar 2151 N. Desain rantai terhitung aman karena beban yang ditahan rantai kurang dari breaking load rantai (wB) yaitu sebesar 17069,7 N. Perhitungan panjang rantai yang aman untuk digunakan pada kontruksi otoped mesin bensin ini adalah 825,5 mm.

×
Penulis Utama : Aditya Setyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8613001
Tahun : 2017
Judul : Rancang Bangun Otoped Mesin Bensin (Sistem Transmisi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tehnik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Mesin Otomotif
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. DIII Teknik Mesin Otomotif-I8613001-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wibowo, S.T., M.T
2. Dr. Budi Santoso, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.