Penulis Utama : Sika Nur Indah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231108023
Tahun : 2016
Judul : Pers Lokal dan Etika Jurnalistik (Studi Deskriptif tentang Penerapan Kode Etik Jurnalistik Wartawan Media Cetak di Kota Solo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Magister Ilmu Komunikasi-S231108023-2016
Subyek : MEDIA ETIK, ETIKA JURNALISTIK, KENDALI ORGANISASI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Data Dewan Pers tahun 2012 secara nasional terdapat 476 pengaduan masyarakat,  164  di  antaranya soal pelanggaran Kode Etik Jurnalistik. Meski tidak tercatat dalam jumlah data, pelanggaran etik di Kota Solo juga terjadi. Hal ini terbukti dengan adanya sanksi pemecatan yang dilakukan dua surat kabar terhadap wartawannya yang  dinilai  melanggar  etika.  Media  merupakan  pilar  keempat  setelah  eksekutif, legislatif dan yudikatif karena itu terwujudnya pers yang profesional menjadi sesuatu yang penting. Masalah etika menjadi persoalan bersama yang bukan saja menjadi tanggung jawab wartawan tetapi juga perusahaan pers dan organisasi profesi.
Penelitian ini bertujuan:(1) Mengetahui penerapan kode etik jurnalistik wartawan media cetak di Kota Solo. (2) Mengetahui peran perusahaan pers cetak di Kota Solo dalam mendorong penerapan Kode Etik Jurnalistik. (3) Mengetahui peran organisasi profesi di Kota Solo dalam mendorong penerapan Kode Etik Jurnalistik. (4) Mengetahui faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap keberhasilan penerapan kode etik jurnalistik wartawan di Kota Solo.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Data dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dengan sepuluh wartawan di Kota Solo serta dengan dokumen yang berkaitan. Data dianalisa dengan model analisa interaktif dan validitasnya diolah  dengan  menggunakan  teknik  triangulasi.  Teori  sembilan  elemen jurnalisme Bill Kovach, pers tanggung jawab sosial dan kendali organisasi Philips Tomkins dan George Chenney menjadi teori utama yang dibangun dalam penelitian ini.
Penelitian memperlihatkan penerapan Kode Etik Jurnalistik wartawan Kota Solo masuk dalam kategori wartawan abu-abu. Pasalnya dalam menjalankan kerja jurnalistik belum sepenuhnya menerapkan masalah etik. Kondisi ini dipengaruhi tidak maksimalnya peran perusahaan pers dalam mengontril wartawan terkait masalah etik. Tak jauh berbeda, organisasi profesi di Kota Solo belum maksimal berperan mendorong penerapan etik jurnalistik anggotanya. Di luar kesemuanya itu ternyata ada dua faktor lingkungan yang ikut mempengaruhi penerapan kode etik wartawan, yakni komunitas dan latar belakang pendidikan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana