Penulis Utama : Agumilar Bagus Bagaskara
NIM / NIP : G0013009
×

Latar Belakang: Meningkatnya jumlah lansia di Indonesia menyebabkan meningkatnya prevalensi penyakit yang menyerang lansia, salah satunya demensia. Demensia sekarang menjadi salah satu penyakit utama yang menyebabkan menurunnya fungsi kognisi pada lansia, yang menyebabkan menurunnya kualitas hidup lansia. Seringkali demensia tidak diperhatikan mengenai faktor yang menyebabkannya. Obstructive sleep apneu adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya hipoksia pada otak, yang merupakan salah satu penyebab demensia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara resiko OSA pada lansia dengan demensia.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional, dilaksanakan di Poliklinik Geriatri RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada bulan September-Oktober 2016. Sampel terdiri dari 30 pasien yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan restriksi kriteria inklusi dan eksklusi. Semua responden diminta mengisi kuesioner Berlin untuk menilai resiko OSA, kuisioner MMSE untuk mengetahui menderita demensia atau tidak. Metode analisis yang digunakan adalah uji chi square dan fisher exact test.
Hasil Penelitian: Terdapat 8 pasien (26,67%) yang menderita demensia, 22 pasien 73,33%) yang tidak demensia, 16 pasien (53,33%) beresiko tinggi OSA, dan 14 pasien (46,67%) beresiko rendah OSA. Dari analisis data dengan chi square dan fisher exact test didapatkan p=0,039 (p<0>Simpulan: Ada hubungan positif antara resiko obstructive sleep apneu dengan demensia pada pasien lansia Poli Geriatri RSUD Dr. Moewardi dengan Odds Ratio

×
Penulis Utama : Agumilar Bagus Bagaskara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013009
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Resiko Obstructive Sleep Apneu pada Lansia dengan Demensia
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0013009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof.Dr. Muchammad Syamsulhadi dr., Sp.KJ (K)
2. Dr. Sugiarto dr., Sp.PD, KEMD, FINASIM
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats