Penulis Utama : Anggi Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412006
Tahun : 2016
Judul : Studi Tentang Teknik Penilaian Diri Berbasis Google Form pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Pend. Pacasila dan Kewarganegaraan-K6412006-2016
Subyek : PENILAIAN DIRI, GOOGLE FORM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui mengapa teknik penilaian diri belum optimal dilaksanakan. 2) Untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan teknik penilaian diri berbasis Google Form serta 3) Untuk mengetahui dampak teknik penilaian diri berbasis Google Form.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Sumber data  yang digunakan terdiri dari: informan, observasi, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dengan menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif,  yakni  terdiri  dari  empat  komponen utama  yaitu  pengumpulan  data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penilaian diri yang telah dilakukan oleh guru PPKn SMK Negeri 2 Karanganyar dilakukan hanya satu kali dalam satu semester sehingga belum memenuhi kriteria penilaian. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa kendala antara lain memerlukan waktu yang banyak sedangkan waktu yang tersedia untuk pembelajaran sangat terbatas, banyaknya aspek penilaian  yang menyebabkan  kinerja  guru  terforsir, membutuhkan biaya  yang cukup besar, kurangnya kepedulian guru untuk melaksanakan penilaian diri secara rutin dikarenakan waktu  yang terbatas sehingga penilaian diri terabaikan oleh guru serta kurangnya pemahaman guru tentang penilaian diri. 2) Penilaian diri berbasis Google Form dapat dilaksanakan lebih optimal dengan cara memanfaatkan fasilitas penunjang pembelajaran seperti laboratorium komputer dan sambungan wifi secara maksimal. Pelaksanaan penilaian diri berbasis Google Form lebih hemat dalam aspek waktu, biaya, serta tenaga guru tidak terforsir untuk melaksanakan penilaian diri berbasis Google Form. 3) Dampak penilaian diri berbasis Google Form yakni siswa dapat melaksanakan penilaian diri secara disiplin serta siswa memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap teknik penilaian diri berbasis Google Form. Dampak bagi guru yakni guru dapat melakukan penilaian diri secara sederhana, autentik, serta lebih obyektif.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hassan Suryono, S.H., M.H., M.Pd
2. Erna Yuliandari, S.H., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP