Penulis Utama : Imas Wigatining Asih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112037
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Keterampilan Memelihara Persahabatan melalui Permainan Simulasi Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) SE-EKS Karisidenan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. IKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3112037-2016
Subyek : PERSAHABATAN, PERMAINAN SIMULASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kebutuhan dan kepentingan peserta didik terhadap pengembangan keterampilan memelihara persahabatan; (2) menghasilkan prototipe satu panduan permainan simulasi untuk mengembangkan keterampilan memelihara persahabatan.
Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Se-Karesidenan Surakarta kelas VII, VIII, dan IX. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall. Tahap penelitian ini hanya sampai tahap pra pengembangan yaitu pembuatan produk. Pengumpulan data dilakukan dengan angket kebutuhan dan kepentingan peserta didik untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktorial dan persentase dan perangkingan. Analisis data faktorial digunakan untuk menguji kevalidan instrumen. Analisis persentase dan perangkingan digunakan untuk mengetahui tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik SMP menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut ini.Pertama, ada kebutuhan dan kepentingan   terhadap pengembangan keterampilan memelihara persahabatan menurut peserta didik, orang tua, dan guru BK berdasarkan hasil kajian teoritik dan empirik. Hasil kajian teoritik mengenai keterampilan memelihara persahabatan meliputi pengertian persahabatan, pentingnya memelihara persahabatan, ciri-ciri persahabatan, aspek-aspek kualitas persahabatan, dan faktor-faktor pembentuk persahabatan. Hasil kajian empirik memuat hasil survei yang menunjukkan 1743 responden (56,08%) sangat membutuhkan dan 1729 responden (55,64%) sangat merasa penting terhadap pengembangan keterampilan memelihara persahabatan berdasarkan peserta didik, guru BK, dan orang tua. Kedua, berdasarkan hasil analisis studi pendahuluan dan kajian teoritik dapat dikembangkan produk berupa Buku Panduan Permainan Simulasi untuk Mengembangkan Keterampilan Memelihara Persahabatan untuk Guru BK. Direkomendasikan kepada peneliti lain untuk melanjutkan penelitian ini ke tahap selanjutnya yaitu tahap pengembangan.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Wagimin, M. Pd.
2. Rian Rokhmad Hidayat, S. Pd., M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP