Penulis Utama : Zaenul Arifin
NIM / NIP : S831302090
×

ABSTRAK

Penelitian  yang dilakukan  bertujuan untuk  mengetahui  perbedaan  prestasi belajar (HOTS, sikap, keterampilan) antara peserta didik yang diberi pembelajaran dengan  pendekatan  scientific  menggunakan  metode  inquiry  dengan  peserta didik yang diberi pembelajaran scientific menggunakan metode project based learning, disamping itu juga untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar (HOTS, sikap, keterampilan) dan antara peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen yang dilakukan di SMA Batik 1
Surakarta, Propinsi Jawa Tengah semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik SMA Batik 1 Surakarta, sampel diambil secara acak (cluster random) terdiri dari dua (2) kelas, kelas X MIA.3 diberi pembelajaran menggunakan metode inquiry dan X MIA.4  dengan metode project based learning. Pembelajaran menggunakan metode inquiry dan project based learning  sebagai  variabel  independen,  kreativitas  sebagai  variabel  moderator, prestasi belajar (HOTS, sikap, keterampilan) merupakan variabel dependen. Data dikumpulkan menggunakan tes essay untuk prestasi belajar (HOTS), angket untuk kreativitas, lembar observasi untuk sikap   dan portofolio untuk ketrampilan. Data dianalisis menggunakan Univariate Analysis of Variance.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Tidak ada perbedaan Higher Order Thinking skill, keterampilan dan sikap belajar peserta didik yang diberi pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan metode inquiry dan project based learning, b) ada perbedaan Higher Order Thinking skill, keterampilan dan sikap antara peserta didik yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah, peserta didik yang diberi memiliki kreativitas tinggi mendapatkan HOTS, ketrampilan dan sikap belajar lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang memiliki kreativitas lebih rendah, c) tidak ada interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan metode inquiry dan project based learning dan kreativitas terhadap Higher Order Thinking skill, keterampilan dan sikap antara peserta didik.

×
Penulis Utama : Zaenul Arifin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831302090
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific Menggunakan Metode Inquiry dan Project Based Learning di Tinjau dari Kreativitas Peserta Didik terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Sains-S831302090-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dra. Suparmi, M.A., Ph.D.
2. Dr. Dra. Nonoh Siti Aminah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.