Penulis Utama : Yusrina Ulfah Ratnasih
NIM / NIP : H0415072
×

Abstrak

Inovasi penerapan burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus merupakan pengendalian tikus dengan musuh alami dan tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Keberhasilan penerapan inovasi burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus di Desa Gempol dipengaruhi oleh persepsi petani terhadap inovasi serta dipengaruhi karakteristik petani sehingga petani memutuskan untuk menerapkan inovasi burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus. Semakin positif persepsi petani maka akan semakin yakin petani dalam mengadopsi inovasi burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus. Persepsi petani dilihat dari sifat-sifat inovasi yaitu keuntungan relatif, kompatibilitas, kompleksitas, triabilitas dan observabilitas.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik petani, menganalisis persepsi petani dan menganalisis hubungan antara karakteristik petani dengan persepsi petani terhadap inovasi penerapan burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus. Metode dasar penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survai. Lokasi penelitian di Desa Gempol, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, dengan pertimbangan sebagai Desa pertama di Klaten yang menerapkan inovasi burung hantu Tyto alba sebaga pengendali hama tikus. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling yang terdiri dari 60 responden. Analisis data menggunakan uji korelasi Rank SpearmanImage dengan program SPSS Statistics 17.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap petani terhadap inovasi penerapan burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus termasuk positif, motivasi petani dan pengalaman petani tinggi, lingkungan sosial petani terlibat. (2) Persepsi petani terhadap inovasi penerapan burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus termasuk dalam kategori positif. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara sikap petani, motivasi petani dan lingkungan social petani dengan persepsi petani terhadap inovasi penerapan burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus, pengalaman petani tidak memiliki hubungan signifikan dengan persepsi petani terhadap inovasi penerapan burung hantu Tyto alba sebagai pengendali hama tikus.

 

×
Penulis Utama : Yusrina Ulfah Ratnasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0415072
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Antara Karakteristik Petani dengan Persepsi Petani Terhadap Inovasi Penerapan Burung Hantu Tyto Alba Sebagai Pengendali Hama Tikus Studi Kasus Desa Gempol Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2020
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian, Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0415072-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Eny Lestari, M.Si.
2. Dr. Dwiningtyas Padmaningrum, S.P, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.