Penulis Utama : Eryn Rachmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0115038
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Strategi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan dalam Program Peningkatan Pencegahan Kebakaran Kecamatan Matraman Jakarta Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Ilmu Administrasi Negara-D0115038-2020
Subyek : IMPLEMENTASI STRATEGI, PENINGKATAN PENCEGAHAN KEBAKARAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Kondisi DKI Jakarta memiliki potensi bencana kebakaran cukup tinggi. Salah satu jumlah kebakaran yang paling banyak mencapai 100 lebih kasus kebakaran adalah Kota Jakarta Timur yang berada di daerah Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, daerah tersebut termasuk padat penduduk, tetapi wilayah ini tidak termasuk rawan kebakaran dari kecamatan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi strategi Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dalam Program Peningkatan Pencegahan Kebakaran Kecamatan Matraman Jakarta Timur berdasarkan teori menurut Hunger dan Wheleen (2003) dengan memperhatikan pengembangan program (kegiatan), anggaran, dan prosedur.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui hasil wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive. Sedangkan untuk validitas data menggunakan triangulasi teknik.Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif milik Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementor dalam implementasi strategi Program Peningkatan Pencegahan Kebakaran dengan fokus kegiatan pelatihan dan simulasi penanggulangan pemadam kebakaran di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur adalah DPKP DKI Jakarta, Sudin Gulkarmat Jakarta Timur dan stakeholder lainnya. Selanjutnya, para implementor memiliki peran masingmasing dan menciptakan sinergi komunikasi agar implementasi strategi kegiatan berjalan dengan baik. Program tersebut memiliki turunan kegiatan yang tercantum dalam Rencana Strategis DPKP DKI Jakarta. Upaya pencegahan kebakaran melalui pelatihan dan simulasi penanggulangan dan pemadam kebakaran di tingkat RW di Sudin Gulkarmat Kota Jakarta Timur. Kegiatan ini telah memberi dampak baik untuk kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Matraman, Jakarta Timur. Selanjutnya, sumber dana Program Peningkatan Pencegahan Kebakaran dari APBD. Pada tahun 2018, kegiatan ini direncanakan mendapat kucuran dana Rp 1.123.582.400,-. Setiap Kecamatan dianggarkan dana Rp 11.235.824,-. DPKP DKI Jakarta belum memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas dalam mengimplementasikan kegiatan pelatihan dan simulasi penanggulangan pemadam kebakaran.

Kata Kunci : Implementasi Strategi, Peningkatan Pencegahan Kebakaran.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto,S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP